Wagub Kalteng: Pancasila Persatukan Seluruh Rakyat Indonesia

pancasila
Wagub Kalteng Edy Pratowo (tengah) saat mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 melalui konferensi video dari Palangka Raya yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo, Sabtu (1/6/2024). (Diskominfosantik Kalteng)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo menegaskan Pancasila menjadi daya ikat yang berkorelasi untuk mempersatukan seluruh rakyat Indonesia.

“Maka momentum Hari Lahir Pancasila ini sangat baik bagi kita sebagai anak bangsa, untuk terus mempererat persatuan dan kesatuan dalam membangun Kalimantan Tengah untuk lebih maju lagi,” katanya di Palangka Raya, Sabtu.

Bacaan Lainnya

Hal itu dia sampaikan usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 melalui konferensi video yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.

Edy Pratowo mengatakan semangat persatuan dan kesatuan sangatlah diperlukan dalam menyukseskan pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang.

Termasuk salah satunya dalam rangka menghadapi agenda besar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang dilaksanakan November 2024.

“Meski dalam pelaksanaannya nanti ada perbedaan-perbedaan, namun kita berharap dengan semangat Pancasila sebagai falsafah bangsa mampu mempersatukan masyarakat khususnya di Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Baca Juga :  Unjuk Bakat Siswa, SDN 3 MB Hulu Sampit Gelar Gebyar Talenta P5

Sebagaimana yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila ini, mengajak masyarakat untuk bersyukur karena Indonesia tetap kokoh, terus stabil, bersatu padu dan ekonominya terus tubuh, di tengah gempuran dunia yang penuh dengan ketidakpastian.

Menurutnya di tengah dunia yang dilanda berbagai krisis, dalam politik yang penuh tekanan dan rivalitas, bangsa Indonesia harus tetap optimis.

“Nilai-nilai Pancasila harus diaktualisasikan, diwariskan dalam perilaku nyata dan kebijakan-kebijakan nyata, yang jelas hasil dan manfaatnya dapat dirasakan oleh rakyat di tengah perkembangan zaman ini, sehingga kehadiran Pancasila diharap sebagai pembebas ketergantungan bangsa Indonesia dari pihak asing,” tegasnya. (ant)



Pos terkait