Warga Nanga Bulik Terganggu. Ini Pemicunya

Petugas Satlantas Lamandau ketika mendapati pengendara menggunakan motor dengan knalpon brong atau bising, baru-baru tadi.(istimewa)

NANGA BULIK- Banyaknya keluhan warga yang terganggu akibat  kebisingan dari knalpot brong  sepeda motor yang berseliweran di jalan, membuat Satlantas Polres Lamandau turun tangan.  Mereka pun langsung mengambil tindakan untuk merazia motor yang menggunakan knalpot bising itu di seputaran Kota Nanga Bulik, Kamis (13/1).

Kasat Lantas Polres Lamandau AKP R. Endro menyampaikan, kegiatan ‘Operasi Knalpot Brong’ dilakukan menindaklanjuti adanya laporan warga terkait banyaknya motor dengan knalpot yang menimbulkan suara bising di jalanan.

“Penggunaan knalpot brong oleh sepeda motor bukanlah komponen standar pabrikan motor. Suara yang ditimbulkan yang keluar dari knalpot tersebut dapat mengganggu kenyamanan dan mengganggu pengendara lain,” ujarnya.

Endro menegaskan, tindakan yang dilakukan terhadap motor knalpot brong yang terjaring razia knalpot brong langsung ditahan dan diberikan surat tilang bagi pengendaranya. Kendaraan dapat diambil pemiliknya setelah diganti dengan knapol standar pabrikan.

“Kami mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan knalpot brong karena sangat menggangu ketenangan masyarakat. Kami tidak akan mentoleransi bagi pengendara yang menggunakan knalpot brong dan akan menindak tegas kendaraan bermotor serta menahan hingga diganti knalpot standart pabrikan”, terangnya.

Aksi perburuan terhadap penggunaan knalpot brong di jalanan ini pun mendapat apresiasi dan dukungan dari warga, dan berharap razia juga bisa dilakukan dimalam hari.

” Sering-sering aja razia knalpot berisik. Sangat menggangu, polusi suara. Kalau bisa malam juga razia, di daerah jalan ke arah pasar baru kalau malam sering banyak remaja ngebut dengan knalpot brong ini,” ungkap Anggraini, salah satu warga. (mex/gus)

Pos terkait