Waspada Banjir Kiriman di Katingan

Banjir,banjir di Tumbang Samba
Banjir yang sudah merendam permukiman warga Desa Tumbang Samba, kemarin.(istimewa)

KASONGAN- Beberapa wilayah di Kabupaten Katingan saat ini turut direndam banjir, Pada Jumat (12/11) kemarin, beberapa Desa di Kecamatan Katingan Tengah jadi sasaran. Dua hari belakangan,  banjir  menggenangi sejumlah permukiman di Desa Tumbang Samba.

Camat Katingan Tengah Yobie Sandra mengatakan, banjir ini akibat DAS Katingan meluap karena intensitas curah hujan yang meningkat. “Memang terdapat kenaikan air dari wilayah Hulu Katingan. Namun, kondisi terkini ketinggian banjir sudah mulai menurun dan surut, ” ungkapnya, kemarin.

Diuraikannya, banjir ini merupakan kiriman dari wilayah Katingan Hulu dan Tumbang Hiran, Marikit. Maka, pihaknya tetap mengingatkan warga terhadap banjir susulan yang bisa saja terjadi.

“Apabila air di wilayah hulu terus bertambah naik dan hujan terus terjadi tentu berdampak pada daerahnya juga yang turut terendam banjir, ” sebut Yobie.

Dijelaskannya pula, DAS Katingan yang mengaliri sepanjang daerah hulu akan melintasi Katingan Tengah. Bahkan, apabila Sungai Samba meluap dan naik akan merendam kota Tumbang Samba. Sungai Samba ini merupakan anak sungai dan bermuara di Sungai Katingan.

Baca Juga :  Bocor Pendapatan dari Pertambangan, Sopir Ancam Mogok Massal soal Polemik Galian C

Sementara itu perkiraan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisikas (BMKG)menyebutkan,  wilayah Katingan akan terus mengalami iklim dan musim penghujan yang cukup panjang hingga beberapa pekan mendatang. Maka patut diwaspadai semua pihak. (sos/gus)

 

Pos terkait