Waspada ! Pasien Covid-19 Bertambah Lagi

Prokes
Anggota Babinkantibmas saat memberikan masker kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah.(istimewa)

PALANGKA RAYA, RadarSampit.com – Melandainya kasus covid dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir, tenyata membuat masyarakat lengah dalam menjalankan prokes.  Ketua Harian Tim Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani mengungkapkan, kasus aktif Covid-19 di Kota Palangka Raya, kembali cenderung meningkat.

“Dalam empat hari terakhir ini didapat 8 kasus positif Covid-19. Padahal sebelumnya hanya di dapat satu atau dua kasus saja. Jadi sekarang ini sudah ada kecenderungan angka positif Covid-19 mulai naik,” ujarnya, Sabtu (18/6).

Bacaan Lainnya

Perlu diketahui lanjut Emi, bila berdasarkan data pada bulan Juni ini, maka tercatat total kasus aktif Covid-19 di Kota Palangka Raya ada 11 kasus. Tiga diantaranya dirawat dirumah sakit, sedangkan 8 orang sisanya menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

“Karena covid ini belum benar-benar hilang, makanya masyarakat diminta tetap menjalankan prokes dengan menggunakan masker saat berpergian. Jangan sampai dengan kendornya prokes kasusnya akan bertambah naik,” imbuhnya.

Baca Juga :  Reklame Tanpa Izin Dibongkar

Emi menjelaskan, didapatnya kasus aktif Covid-19 tersebut selain dikarenakan terjadinya transmisi lokal, di satu sisi masyarakat Palangka Raya mulai banyak yang mengabaikan protokol kesehatan. Terutama tidak memakai masker diruang tertutup atau ruang publik lainnya.

“Didapatnya peningkatan kasus aktif Covid-19 ini juga dikarenakan banyaknya masyarakat yang belum di vaksinasi booster, sehingga pemberian dosis vaksin tiga ini targetnya masih belum tercapai,” bebernya.

Apalagi tambahnya,  kini sudah muncul kasus Omicron baru BA.4 dan BA.5 di Indonesia, sekalipun belum terdeteksi di Kota Palangka Raya. ”Maka itu masyarakat harus bisa melindungi dirinya. Terutama dengan tetap menjalankan prokes,” tandas Emi. (agf/gus)

Pos terkait