Yamaha E01, Skuter Listrik Rasa NMax

yamaha e01 antara
Motor Listrik Yamaha E01

RadarSampit.com – Anggapan bahwa menunggangi sepeda motor listrik berpotensi membosankan karena hilangnya rasa berkendara kendaraan bermesin bahan bakar konvensional setidaknya telah terbantahkan setelah Yamaha mengenalkan skuter listrik E01.

Yamaha E01 dengan tampilan mirip skuter populer Yamaha NMax bisa memberikan rasa berkendara layaknya mengendarai sepeda motor konvensional. Bedanya, Yamaha E01 menggunakan motor listrik dengan baterai lithium-ion sehingga tidak mengeluarkan raungan suara mesin.

Bacaan Lainnya

Saat dicoba di Sentul, Jawa Barat pada Selasa (25/10), ada beberapa hal yang menjadi indikator bahwa skuter listrik itu bisa memberikan rasa berkendara yang tidak jauh berbeda dengan NMax.

Pertama, desain Yamaha E01 sangat menyerupai NMax yang membuat pengguna Yamaha begitu familiar dengan bentuk kemudi, posisi duduk, penempatan spedometer, hingga cara menghidupkan motornya yang sama, yakni menggunakan kenop putar.

Bedanya, ketika jempol tangan kanan menekan tombol “start” tidak ada suara dan getaran mesin yang muncul. Melainkan hanya lampu hijau yang menyala pada panel indikator, guna menunjukkan bahwa motor itu siap “tancap gas”.

Baca Juga :  Mitsubishi L300 Sang Legenda yang Makin Laris

Posisi duduk yang ditawarkan juga ergonomis dengan desain jok yang lebar, posisi kemudi tegak dan tidak menekuk ke bawah, serta tentunya dek pijakan kaki panjang dan lebar yang sudah menjadi ciri khas NMax.

Kedua, Yamaha menempatkan lokasi pengujian E01 di daerah Sentul yang penuh tanjakan, aspal kasar dan lintasan berliku. Tentu saja hal itu di luar habitat motor listrik yang biasanya akrab dengan lalu lintas perkotaan dan rute-rute perjalanan yang praktis.

Kendati demikian, pengujian mengitari Bukit Pelangi di Sentul berhasil membuktikan bahwa Yamaha E01 memiliki kemampuan manuver yang patut diperhitungkan, bahkan nyaris menyerupai motor bermesin bakar. Pengujian di jalur tersebut menjadi pembuktian tiga mode berkendara pada E01 yaitu power untuk menanjak, standard untuk jalanan normal/datar, dan mode eco untuk hemat energi/lintasan menurun atau penggunaan jarak jauh yang memerlukan daya listrik lebih banyak.

Pos terkait