60 Lebih Pecatur Kotim Bertarung Perebutkan Puluhan Medali

pertandingan catur melawan
PEMBINAAN: Ketua Koni memperagakan pertandingan catur melawan Hafiz atlet muda yang masih berusia enam tahun di arena pertandingan, Kantor Radar Sampit, (Rabu (1/6). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Cabang olahraga (cabor) catur dalam ajang Porkab 2022 dibuka di halaman Kantor Radar Sampit Rabu (1/6) kemarin. Pertandingan yang diikuti lebih dari 60 pecatur.

Koordinator Cabor Catur Porkab 2022 Gunawan menyampaikan, lebih dari 60 atlet berasal dari 10 kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Pertandingan dilaksanakan selama lima hari.

Bacaan Lainnya

Pertandingan catur terbagi dalam tiga kategori, diantaranya catur klasik durasi 60 menit, catur cepat durasi 30 menit, dan catur kilat durasi 7 menit.

“Pertandingan dibagi menjadi dua jenis dua beregu putra dan perorangan putra dan puteri,” kata Gunawan, Rabu (1/6).

Untuk jenis pertandingan beregu catur klasik putra diikuti 4 pemain. Masing-masing pemain diberikan waktu berpikir selama 60 menit untuk memperebutkan lima set medali, satu set medali beregu dan 1 set juara 1, juara 2, juara 3 dan juara 4.

Baca Juga :  Jambret Gagal Merampas Tas, tapi Korbannya Jadi Begini

Jenis perorangan catur klasik putra dan putri masing-masing akan memperebutkan 1 set medali dan ditambah perorangan catur klasik junior usia di bawah 17 tahun juga berkesempatan memperebutkan satu set medali. Sedangkan, untuk nomor pertandingan perorangan catur kilat putra akan memprebutkan satu set medali.

“Total medali yang akan diperebutkan para atlet catur ada 44 medali. 11 medali emas, 11 medali perah dan 22 medali perunggu,” ucapnya.

Pertandingan catur merupakan salah satu cabang olahraga dari total 14 cabor yang dipertandingkan dalam Porkab 2022 diharapkan dapat menjaring bibit atlet muda di Kotim.

“Ajang Porkab 2022 ini juga sebagai bentuk persiapan para atlet menghadapi Porprov 2023,” katanya.

Pos terkait