9 Manfaat Jambu Monyet untuk Kesehatan

Efektif Cegah Anemia hingga Kanker

jambu monyet
jambu monyet

Jambu monyet atau biasa dikenal dengan jambu mete merupakan salah satu tanaman yang memiliki bentuk lonjong dengan warna kuning atau merah. Buah monyet atau mete ini memiliki bahasa latin anacardium occidentale.

Adapun manfaat jambu mete bagi kesehatan, perlu diketahui agar kondisi tubuh terjaga dari segala penyakit.

Namun sayangnya, masih ada banyak orang yang tidak menyadari akan manfaat jambu mete bagi kesehatan, sehingga tidak sedikit dari mereka yang mengabaikan buah ini.

Padahal, manfaat jambu mete bagi kesehatan tentu bisa terasa optimal jika dikonsumsi secara rutin.
Dilansir dari laman Vinut, Minggu (31/3/2024), terdapat beberapa manfaat jambu mete bagi kesehatan diantaranya sebagai berikut.

1.Meningkatkan kesehatan jantung

Kacang mete merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal (lemak makanan sehat) yang sangat ramah bagi jantung.
Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi lemak tak jenuh dibandingkan lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL, mengurangi kadar trigliserida dan mampu menurunkan tekanan darah.

2.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Jambu mete memiliki kandungan zinc yang memiliki peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan zinc juga mampu membantu sintesis protein dan penyembuhan luka.

Baca Juga :  Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Saat Bangun Tidur

Tidak hanya sebagai sistem imunitas tubuh, jambu mete juga berperan penting selama kehamilan untuk perkembangan janin dan masa pertumbuhan masa anak-anak untuk menjaga kestabilan tubuh.

3.Mencegah kanker
Jambu mete memiliki kandungan kaya proanthocyanidins lebih tepatnya yaitu flavanol. Kandungan ini bisa membuat tumor kelaparan dan menghambat pembelahan sel kanker.

Tidak hanya itu, ada berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa jambu mete mampu mengurangi resiko kanker usus besar dan memberikan potensi menghilangkan radikal bebas.

4.Mencegah anemia
Di dalam buah jambu mete mengandung sejumlah besar tembaga. Kandungan ini memiliki banyak manfaat meliputi membantu metabolisme zat besi dan pembentukan sel darah merah.
Ketika kebutuhan tembaga dalam tubuh tercukupi dengan baik maka resiko anemia bisa dicegah.



Pos terkait