Aki Kering Tak Sepenuhnya Maintenance Free, Ini Tips Perawatannya

aki soak
Ilustrasi aki kering motor yang sedang di-charge (Istimewa)

RadarSampit.com – Pada sepeda motor, baterai atau aki memegang peranan yang sangat penting baik sebagai penyuplai sekaligus menyimpan arus kelistrikan yang digunakan untuk menyalakan sistem eletrikal pada sepeda motor, seperti sistem starter, pompa injeksi, penerangan, hingga pembakaran pada mesin.

Terlebih motor-motor saat ini. Pada sepeda motor keluaran terkini kebanyakan sudah tidak lagi hadir dengan kick starter atau metode menyalakan mesin dengan diselah atau diengkol. Semua bergantung pada electric starter yang mengandalkan power aki.

Pada umumnya, terdapat dua tipe aki yang biasa digunakan pada sepeda motor yaitu tipe aki basah dan kering. Aki yang pada umumnya digunakan sepeda motor injeksi saat ini adalah aki kering yang sifatnya bebas perawatan atau dapat juga disebut Maintenance Free (MF), karena perawatannya lebih mudah dibandingkan dengan tipe aki basah dimana pengendara wajib melakukan pengecekan level ketinggian air aki, jika kurang harus ditambah sampai garis batas maksimal.

Mengingat peran vital aki, maka sebagai salah satu produsen sepeda motor terbesar di Indonesia, Yamaha membagikan beberapa tips perawatan aki secara rutin pada sepeda motor, sebagai berikut:

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Fitur Moderator di Instagram

Pertama, hindari menggunakan aksesori motor yang berkaitan dengan kelistrikan secara berlebihan. Konsumen masa kini semakin gemar menggunakan aksesoris motor, namun jika memakai aksesoris yang berkaitan dengan kelistrikan dalam jumlah banyak, khususnya pada lampu-lampu sepeda motor dapat membebani kinerja aki dan menggugurkan garansi resmi Yamaha.

Pos terkait