Anjungan Dukcapil Mandiri Resmi Beroperasi

Permudah Layanan Adminduk Masyarakat Kotawaringin Barat

LAYANAN KEPENDUDUKAN: Bupati Kobar Hj Nurhidayah menunjukan berkas yang di cetak pada mesim ADM yang baru di resmikan di Halaman kantor Disdukcapil Kobar selasa (23/11). (RINDUWAN/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN –Bupati Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah meresmikan pengoperasian (ADM) di halaman Kantor Disdukcapil Kobar, Selasa (23/11). ADM hadir untuk mempercepat pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) bagi masyarakat Kobar.

Menurut Bupati, Disdukcapil Kobar terus berinovasi dalam pelayanan masyarakat karena dinas ini cerminan layanan dasar masyarakat yang harus memberikan pelayanan terbaik.

“Dengan keberadaan ADM yang baru diresmikan ini nantinya bisa mempercepat pelayanan Adminduk untuk masyarakat Kobar. Jadi pelayanan yang awalnya bisa berhari-hari sekarang hitungan jam sudah selesai,” kata Bupati Kobar Hj Nurhidayah.

Menurutnya pelayanan Disdukcapil harus terus ditingkatkan. Dalam pelayanan adminduk, jumlah operator saat ini masih tidak sebanding jumlah permintaan pelayanan. Setiap selesai pengurusan administrasi, masyarakat diberikan PIN ataupun bar kode untuk mencetak berkas di mesin ADM.

“Jadi ini kita bicara soal pelayanan cepat. Karena semakin ke sini Disdukcapil semakin banyak didatangi masyarakat. Jika pelayanan lambat maka akan merepotkan masyarakat, dengan ADM ini diharapkan bisa mempercepat proses pelayanan,” jelasnya.

Bupati juga menegaskan bahwa dengan ADM, maka pelayanan semakin bagus dan mencegah munculnya calo yang berkedok membantu masyarakat. “Ini yang tidak kita inginkan dan pelayanan kedepan bisa dirasakan sendiri oleh masyarakat,” ujarnya.

“Anjungan dukcapil mandiri ini merupakan momentum transformasi pelayanan manual ke sistem pelayanan online yang diharapkan mampu mempercepat dan memberikan kemudahan layanan masyarakat khususnya pengurusan dokumen kependudukan,” lanjut Bupati.

Hj. Nurhidayah juga mengatakan jika ADM ini sejalan dengan arah adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi khususnya dalam pelayanan masyarakat secara mandiri dan bisa melaksanakan pemenuhan kebutuhan administrasi kependudukannya secara mandiri.

Melalui ADM ini juga, Hj. Nurhidayah mengharapkan menjadi pendorong bagi Disdukcapil untuk terus meningkatkan layanan kepada masyarakat. “Disdukcapil harus terus berbenah dengan memberikan layanan yang mudah, cepat, responsif, transparan dan go digital,” imbuh Hj. Nurhidayah.

Sementara Disdukcapil Kobar Gusti M Imansyah menjelaskan bahwa saat ini  Disdukcapil baru memiliki satu ADM. Jika ke depannya pelayanan banyak membantu, bisa menambah ADM di kantor kecamatan maupun fasilitas  publik.

Pos terkait