Antisipasi Kejahatan Perairan, Polairud Razia Kapal Pengangkut

razia kapal
RAZIA : Personel Satpolairud Polres Katingan melakukan pemeriksaan kelengkapan kapal di perairan Katingan, Jumat (6/1). ISTIMEWA/RADAR SAMPIT

KASONGAN,radarsampit.com – Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Satpolairud) Kepolisian Resor (Polres) Katingan melaksanakan razia, memeriksa kapal-kapal yang berlabuh di dermaga rakyat Desa Pagatan, Kecamatan Katingan Kuala.

Petugas mengecek kapal dagang yang mengangkut sembilan bahan pokok (sembako). Razia ini juga mengantisipasi tindak kejahatan di perairan.

Bacaan Lainnya

Kapolres Katingan, AKBP Paulus Sonny Bakti Wibowo melalui Kasat Polairud IPTU Romlan mengatakan, mereka memeriksa dokumen kapal, seperti sertifikat kelayakan kapal, izin angkutan barang serta surat kecakapan kapal.

“Pengecekan  kelengkapan kapal ini guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi terhadap kapal-kapal. Seperti mendeteksi tindak pidana perairan dan kejahatan lainnya,” kata Romlan,  Jumat (6/1).

Kata Romlan, hasil pemeriksaan, tidak ada tanda-tanda yang mencurigakan di dalam kapal. Razia mengantisipasi tindak pidana perairan, jangan sampai ada peredaran narkoba, aktivitas illegal logging dan perdagangan manusia di wilayah perairan.

“Razia diharapkan para pengguna jasa angkutan perairan merasa aman, terlindungi dari ancaman kejahatan di perairan dan juga untuk menegakkan hukum di perairan. Kami juga mengingatkan agar melengkapi dokumen kapal atau muatan sehingga tertib dan patuh hukum,” pungkasnya. (sos/fm)

Baca Juga :  Polsek Patroli Cegah Penyakit Masyarakat

 

Pos terkait