Begini Modus Penipu Catut Nama Wakil Rakyat

ilustrasi

PALANGKA RAYA – Belakangan ini ada akun WhatsApp (WA) yang mengatasnamakan Wahid Yusuf yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Palangka Raya.Melalui aplikasi ini, oknum tak dikenal mengirim pesan untuk meminta sesuatu, baik itu bantuan, memohon utang dan lain sebagainya.

Hal tersebut pun membuat Wahid Yusuf berang dan berusaha melacak pelaku yang tidak bertanggung jawab itu.

Dirinya pun meminta kepada masyarakat Kota Palangka Raya untuk mewaspadai penipuan dengan modus mencatut identitas dirinya,  melalui pesan singkat WA tersebut.

“Saya meminta masyarakat mengabaikan ketika menerima WA dari nomor WhatsApp 0813-1777-4936 yang menggunakan foto saya beserta istri, karena yang bersangkutan mencatut nama saya,” ujarnya, Selasa (13/10).

Wahid pun tidak tinggal diam berusaha melacak akun WhatApp dan nomor handphone agar tidak meresahkan masyarakat. “Saya sudah mengetahui nama dan nomor ID orang yang mencatut nama saya ini,”ungkap.

“Salah satu dia bisa melakukan penipuan atas nama pribadi saya. Makanya saya meminta rekan kerja, sahabat serta lain sebagainya diminta mewaspadai mengenai hal tersebut,” tambahnya.

Wahid menambahkan,  dirinya lebih banyak mengimbau kepada masyarakat jangan pernah merespon ketika nomor tersebut menghubungi. Modus operandi seperti ini sering kali dijadikan penipuan, baik meminta pulsa, pinjam uang serta lain sebagainya dengan.

“Dia mengirim pesan kepada teman-teman saya dengan berlagak sok akrab dan sok dekat, hingga minta bantu ini dan itu. Padahal nomor tersebut bukan saya. Sebagian teman juga sudah mengetahui terkait hal ini,” ungkapnya.

Agar tidak meresahkan masyarakat Wahid meminta kepada  penegak hukum setempat, agar bisa menyelidiki dan menemukan pelaku yang mau mencoreng nama baiknya. “Semoga orang yang melakukan tindak kejahatan pencatutan identitas saya itu bisa diamankan karena sudah meresahkan masyarakat,”pungkas Politikus yang juga Ketua DPD KNPI Palangka Raya ini. (rm-107/gus)

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *