Berdayakan Ekonomi Masyarakat Di Sektor Nonsawit

PT. NAL Salurkan Bantuan Untuk Warga Beruta

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: Administratur PT.NAL Miin Ahadi dan KTU PT.NAL Estu Kuncoro menyerahkan secara simbolis bantuan bibit dan pakan ikan kepada Kepala Desa Beruta, Pujiono dan Ketua BPD Fauzan. (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

NANGA BULIK – PT. Nirmala Agro Lestari berkomitmen untuk memberdayakan perekoniman masyarakat di bidang non sawit. Program IGA non sawit itu berupa bantuan bibit ikan, bantuan ternak ayam, bantuan bibit sayur untuk memanfaatkan pekarangan warga desa serta kewirausahaan UMKM desa.

Penyerahan bantuan pemberdayaan tersebut berlangsung di aula Desa Beruta, Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau pada Jumat (19/11) lalu.

NAL menyalurkan bantuan bibit ikan nila dan patin kepada kelompok Tani Teratai. Selain bantuan bibit ikan perusahaan juga menyalurkan bantuan pakan ikan hingga perbaikan keramba ikan. Sehingga anggota kelompok tani tinggal memelihara ikan hingga masa panen nanti.

Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Administratur PT.NAL, Miin Ahadi dan KTU PT. NAL Estu Kuncoro kepada Kepala Desa Beruta, Pujiono dan Ketua BPD, Fauzan.

Penyerahan juga disaksikan perwakilan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lamandau, tokoh agama, tokoh masyarakat Kelompok Tani Teratai, undangan dari desa lingkar serta perangkat Desa Perigi.

Kepala Desa Beruta, Pujiono menyampaikan ucapan terimakasih kepada manajemen PT.NAL yang telah berkontribusi bagi Desa Beruta. Ia berharap masyarakat yang mendapat bantuan dapat merasakan manfaatnya secara berkelanjutan.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua BPD desa setempat dan mengharapkan bantuan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya bagi Kelompok Tani Teratai yang beranggotakan 11 Kepala Keluarga.

Sementara itu, mewakili Dinas Pertanian dan Perikanan, Budiono yang merupakan PPL desa juga memberikan apresiasi kepada PT. NAL yang telah berkoordinasi dan bekerja sama dalam bidang perikanan khususnya pengembangan usaha di desa lingkar PT. NAL.

“Kegiatan ini diharapkan bisa berkelanjutan dan tetap ada pemberdayaan masyarakat karena masih banyak potensi yang harus digali di sekitar desa lingkar ini. Selain potensi sawit, kegiatan ini juga bekerja sama dengan Dinas Pertanian Dan Perikanan Lamandau untuk membina kelompok desa – desa di bidang pertanian dan perikanan,” tuturnya.

Administratur PT.NAL, Miin Ahadi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa anak usaha Astra Agro Lestari ini sangat bersyukur masih diberikan kesempatan untuk berkontribusi kepada masyarakat desa di lingkar PT.NAL yakni membantu ekonomi masyarakat desa.

Pos terkait