Berdayakan Ekonomi Masyarakat Di Sektor Nonsawit

PT. NAL Salurkan Bantuan Untuk Warga Beruta

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: Administratur PT.NAL Miin Ahadi dan KTU PT.NAL Estu Kuncoro menyerahkan secara simbolis bantuan bibit dan pakan ikan kepada Kepala Desa Beruta, Pujiono dan Ketua BPD Fauzan. (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

Semangat ini diilhami oleh Catur Darma Astra yang menjadi pedoman dan filosofi seluruh perusahaan Astra Grup yang disalurkan melalui program Coorporate Responsibility (CSR) yakni Astra Agro Kreatif yang berkaitan dengan pembinaan usaha dan UMKM.

“Salah satu program yang sudah disalurkan hari ini adalah Astra Agro Kreatif berupa bantuan bibit ikan nila dan patin. Program ini akan bergulir secara berkesinambungan. Dari diktum MoU yang ditandatangani bersama antara Asisten CSR dan Kelompok Tani Teratai disepakati bahwa bantuan ini akan bergulir dan diperluas dengan membentuk kelompok usaha yang baru dari keuntungan usaha 10persen,” ungkapnya.

Abiddin, Asisten CSR PT.NAL menambahkan bahwa perusahaan berperan membantu dan memfasilitasi kelompok usaha baik dari sistem pembukuan dan pengelolaan manajemen usaha dari proses pembibitan sampai pada proses panen dengan pendampingan yang berkesinambungan agar maju dan berkembang.

Menurut Abiddin, modal yang sudah diberikan kepada kelompok tani akan dikelola sepenuhnya oleh kelompok tani tersebut sedangkan pihak PT.NAL tidak mengambil keutungan ataupun pengembalian modal kepada perusahaan. Sehingga diharapkan kelompok tani yang sudah terbentuk mampu menyejahterakan anggotanya dan warga sekitar.

Setelah penyaluran bantuan bibit ikan nila dan patin, PT.NAL juga memberikan training pengelolaan ikan. Sebagai pemateri diundang dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lamandau untuk memberikan pemahaman langsung kepada kader petani ikan agar pengelolaannya berhasil dan mencapai hasil panen yang maksimal. Serta dapat  membuka wawasan para kader terkait pengelolaan ikan baik  di keramba  maupun budidaya di kolam.

“Semoga dengan kontribusi ini kawasan perusahaan PT. NAL berjalan kondusif masyarakat mendukung keberlangsungan perusahaan ini agar lebih banyak lagi menyejahterakan masyarakat desa lingkar,” harapnya. (mex/sla)

 

Pos terkait