Bupati Bartim Panen Jagung Ungu

jagung
PANEN - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas bersama Forkompimda melakukan panen jagung ungu yang ditanam di halaman Koramil 1012/04 Dusun Timur, Kamis (13/10). EKO APRIANTO/RADAR SAMPIT

TAMIANG LAYANG,Radarsampit.com – Bupati Barito Timur (Bartim) Ampera AY Mebas bersama Forkompimda melakukan panen jagung ungu yang ditanam di halaman Koramil 1012/04 Dusun Timur, Kamis (13/10).

“Ini merupakan jagung ungu yang kita tanam pada awal Agustus dan sekarang sudah bisa dipanen, sebagai salah satu ketahanan pangan yang dikelola oleh Kodim 1012/Buntok,” kata Ampera.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, upaya yang dilakukan Kodim 1012/Buntok sangat bermanfaat. Selain memberikan motivasi juga menciptakan ketahanan pangan bagi masyarakat di wilayah sekitarnya.

Ditambahkan Ampera, jagung ungu memiliki pigmen ungu pada biji jagung yang mengandung antosianin yang diketahui dapat menurunkan risiko berbagai penyakit seperti diabetes, obesitas dan penyakit kardiovaskular.

“Tidak hanya itu, jagung juga bisa sebagai pengaanti nasi sehingga mengurangi memakan makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi,” ucap Ampera.

Dipaparkan Ampera, selain terciptanya ketahanan pangan, penanaman jagung ungu ini juga sesuai dengan Intruksi Presiden RI dalam upaya menekan inflasi di daerah-daerah.

Baca Juga :  Komplotan Penjahat ‘Mutilasi’ Alat Berat Perusahaan

Sememtara, Dandim 1012/Buntok Letkol Inf Hendro Wicaksono menegaskan, instruksi secara garis komando telah terlaksana dengan baik dalam upaya menciptakan ketahanan pangan di Kabupaten Barito Timur.

DIa juga menegaskan bahwa lahan yang saat ini sedang dilaksanakan panen jagung juga akan dilanjutkan penanaman jenis bahan pangan maupun sayur-sayuran seperti kacang-kacangan, bawang dan cabe sebagaimana program pertanian dari Pemerintah Kabupaten Barito Timur.

“Kita wajib mendukung kegiatan pemerintah dalam rangka menghadapi dan menekan inflasi. Kita akan sinkronisasi program pertanian dengan Pemerintah Kabupaten Barito Timur,” pungkasnya. (apr)

Pos terkait