Bupati Resmikan UPJA Desa Sungai Melawen

Pertama di Indonesia yang Dibiayai Dana Desa

Bupati kobar Resmikan UPJA Desa Sungai Melawen
PERESMIAN: Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah saat meresmikan gedung UPJA Maju Bersama Desa Melawen, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kobar, Sabtu (27/11) (PROKOM KOBAR/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN – Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Maju Bersama Desa Melawen, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) merupakan badan usaha milik desa yang menyediakan jasa pelayanan alat mesin pertanian (Alsintan).

Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah meresmikan gedung UPJA Maju Bersama ini digadang-gadang merupakan yang pertama di Indonesia yang didanai dari Dana Desa, Sabtu (27/11).

UPJA Maju Bersama adalah sebuah lembaga ekonomi di pedesaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa dalam rangka optimalisasi penggunaan Alsintan untuk memperoleh keuntungan usaha. “UPJA melayani jasa alsintan untuk keperluan pra panen, panen, hingga pasca panen,” kata Bupati Kobar Hj Nurhidayah.

Menurutnya pembangunan gedung UPJA Maju Bersama ini menjadi bagian fasilitasi pembangunan pertanian di Desa Sungai Melawen dengan sumber dana dari pembangunan gedung ini berasal dari Dana Desa.

Hal itu membuktikan desa juga memiliki perhatian di dalam pengembangan sektor pertanian di wilayahnya, bahkan gedung UPJA Maju Bersama menjadi satu-satunya di Indonesia di mana pembangunannya didanai oleh pemerintah desa.

Baca Juga :  Di Daerah Ini Tiket Pangkalan Bun-Jakarta Jadi Rebutan

Ia mengungkapkan jika berbagai program telah disusun pemerintah untuk mendukung pencapaian produksi hasil pertanian. “Karena itulah dukungan penguatan sarana dan prasarana alat pertanian terus dilanjutkan oleh pemerintah dengan harapan para petani bisa memanfaatkan alsintan tersebut dengan maksimal sehingga mampu meningkatkan produktifitas,” imbuhnya.

Hal itu diamini Taufik Fathurahman yang mewakili Direktur Alsintan Kementerian Pertanian menurutnya ia telah banyak berkeliling ke berbagai daerah menghadiri kegiatan serupa, dan baru di desa Melawen ini, pembangunan gedung UPJA didanai oleh pemerintah desa. “Saya harap masyarakat merawat serta memanfaatkan dengan sebaik-baiknya berbagai bantuan alsintan yang telah disalurkan oleh pemerintah,” pungkasnya. (tyo/sla)



Pos terkait