Cara Menghitung Waktu untuk Lakukan Cas Aki Mobil

Cara Menghitung Waktu untuk Lakukan Cas Aki Mobil
Ilustrasi

Seperti diketahui aki mobil mempunyai fungsi vital untuk suplai daya listrik ke seluruh komponen mobil. Maka aki tentu harus dirawat dengan baik, salah satu caranya adalah dengan cas aki dengan rutin.

Tujuannya untuk mengembalikan tegangan aki seperti semula, akan tetapi sering muncul pertanyaan. Berapa lama cas aki mobil? Sesuai dengan tujuannya, aki mobil harus dicas secara rutin.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa tanda yang bisa dideteksi seperti klakson mulai melemah, tegangan aki kurang sampai mobil sulit dinyalakan. Apabila kondisi tersebut dibiarkan, aki akan cepat rusak dan Anda pun harus menggantinya dengan yang baru.

Padahal usia rata-rata dari aki mobil adalah sekitar 2 tahunan. Namun usianya akan lebih lama jika Anda melakukan perawatan dengan benar.

Penyebab dari aki perlu dicas bisa berbagai macam seperti mobil mogok dalam waktu lama atau mobil tidak pernah dinyalakan. Aki merupakan komponen yang akan bersifat menyimpan daya listrik jika mesin mobil dinyalakan.

Baca Juga :  Jaringan 3G Bakal Dimatikan, Segera Upgrade ke Jaringan 4G

Dengan begitu pengecasan aki akan terjadi secara otomatis. Namun jika mobil saja tidak dinyalakan, maka daya yang disimpan tidak diperbaharui dan lama kelamaan akan habis.

Hal ini berkaitan dengan cara kerjanya dalam sebuah kendaraan yaitu terdapat reaksi kimia supaya bisa terjadi recharge dan discharge. Ketika aki nantinya melepas arus, maka reaksi kimia yang terjadi mampu menghasilkan arus listrik.

Kemudian ketika aki mengalami proses recharge atau diisi, maka keadaan semula dari reaksi kimia akan kembali berkat arus listrik. Proses recharge sendiri dilakukan otomatis ketika mesin berjalan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.