Cara Menghitung Waktu untuk Lakukan Cas Aki Mobil

Cara Menghitung Waktu untuk Lakukan Cas Aki Mobil
Ilustrasi

Anda bisa mengeceknya pada kemasan aki di bagian samping. Di sana akan tertera berapa kapasitas yang dimilikinya. Setelah mengetahui kapasitas tersebut, lama tidaknya pengecasan juga ditentukan dari jenis pengisiannya.

Ada dua jenis pengisian yang biasa digunakan yaitu pengisian aki cepat dan pengisian aki lambat.

Jenis pengisian aki lambat dilakukan menggunakan arus listrik yang kecil, oleh karena itu proses pengecasan akan berjalan sangat lama. Banyak orang melakukan cara ini selama semalaman jadi Anda bisa melakukannya di rumah.

Tujuan pengisian lambat ini adalah menghindari masalah overheat dan dilakukan malam hari sampai keesokan harinya karena sangat lama. Arus maksimal yang diberikan adalah 10% sehingga aman untuk ditinggal-tinggal.

Berapa lama cas aki mobil dengan metode ini kembali lagi tergantung dengan kapasitas aki pada mobil yang Anda miliki tersebut. Namun Anda bisa mengetahuinya dengan menghitung sendiri menggunakan rumus berikut.

Pertama-tama Anda harus menghitung berapa besaran arus pengisiannya yang dikalikan dengan daya aki. Misalnya saja aki Anda memiliki daya 12 Volt dan 40 AH. Maka penghitungannya adalah 40 X 10% = 4 Ampere.

Kedua melalui hasil penghitungan tersebut Anda bisa menggunakan rumus (kapasitas Aki / Arus Pengisian) + (20% X Kapasitas Aki / Arus Pengisian). Maka apabila menggunakan rumus nomor dua penghitungannya menjadi (40AH / 4AH) + (20% x 10) = 10 + 2 = 12 jam.

Apabila Anda memiliki kendaraan dengan kapasitas aki 12 Volt dan 40 AH maka waktu pengisiannya adalah 12 jam menggunakan arus 10% saja. Pertanyaan berapa lama cas aki mobil jika menggunakan pengisian lambat adalah 12 jam.

Waktu yang cukup lama untuk mengecas aki, jadi Anda bisa meninggalkan kendaraan dalam posisi terhubung dengan sumber listrik selama semalaman. Tak masalah pula jika Anda meninggalkannya karena daya yang tersalurkan kecil.

Sedangkan untuk pengisian cepat di mana arusnya lebih tinggi yaitu mencapai 40%. Tingginya arus akan membuat pengisian menjadi lebih cepat dan Anda pun bisa segera menggunakan mobil kembali.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *