Cara Tetap Aman Berinternet saat Pakai Wifi Publik

ilustrasi

Wifi publik memang sangat praktis dan bermanfaat, tetapi sayangnya tidak selalu aman. Dari jaringan internet publik ini, berbagai risiko dan celah keamanan mengintai pengguna yang kurang hati-hati.

Untuk tetap aman menggunakan Wifi publik, Kaspersky mengungkap teknik kejahatan dunia maya dan memberikan tips untuk tetap terhindar dari bahaya penggunaan Wifi publik. Sebab bukan lagi barang mewah, akses internet gratis kapan saja dan di mana saja dengan cepat menjadi hal yang kini mudah didapatkan.

Sebelum mengenali apakah Wifi publik aman untuk digunakan dan bagaimana cara supaya aman, langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah mengenali dulu risiko dari Wifi publik. Sederhananya, jika Anda terhubung ke Wifi publik, Anda menghadapi kemungkinan pencurian data yang sangat nyata.

Kita mentransfer begitu banyak informasi berharga melalui Internet, dan jika pelaku kejahatan siber mendapatkan data finansial, kredensial login, dokumen, obrolan pribadi, dan sebagainya, mereka mampu melakukan pemerasan pada tabungan dan membajak akun Anda.

Dengan akses akun, mereka juga dapat melakukan, misalnya, menyamar sebagai diri Anda dan mendistribusikan spam atau mengekstrak uang dari teman Anda, atau bahkan menemukan umpan pemerasan dalam riwayat obrolan Anda.

Jika Anda terhubung ke jaringan yang tidak aman dari perangkat kerja, rahasia bisnis perusahaan mungkin juga dapat berakhir di tangan yang salah. Dalam beberapa kasus, para pelaku kejahatan siber bahkan dapat secara diam-diam menginfeksi perangkat Anda dengan malware, yang masih akan tetap ada walaupun sambungan dari hotspot berbahaya tersebut telah terputus.

Agar tetap aman di jaringan publik, pertama Kaspersky menyarankan untuk kita lebih berhati-hati dengan Wifi publik. Tidak peduli seberapa menggiurkan atau mendesaknya transaksi pribadi, jaringan Wifi tanpa kata sandi tidak dianjurkan untuk menangani informasi penting.

Data apa pun yang Anda kirim atau terima melalui Wifi publik dapat dilihat oleh siapa saja yang memiliki akses ke jaringan yang sama. ini berarti lusinan hingga ratusan orang asing di bandara, atau di kereta, misalnya. Jangan gunakan Wifi publik untuk masuk ke layanan penting apa pun atau akun Anda berpotensi disusupi oleh pelaku kejahatan siber.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *