Cuaca Cerah, Banjir Kota Sukamara Mulai Surut

banjir sukamara
MULAI SURUT: Ketinggian air banjir sudah mulai menyurut dan badan jalan yang terendam mulai nampak. (Fauzianur/Radar Sampit)

SUKAMARA, radarsampit.com – Cuaca cerah dalam beberapa hari terakhir membuat banjir di Kota Sukamara mulai surut. Ketinggian air mulai turun lebih kurang 25 cm dari sebelumnya.

Sehingga sebagian jalan yang terendam sudah mulai bisa dilalui. Meski air surut, namun rumah warga masih banyak yang terendam.

Bacaan Lainnya

“Sekitar empat hari terakhir cuaca cerah sehingga air sudah mulai surut. Mudah-mudahan tidak turun hujan lagi agar cepat surut dan bisa kembali lagi ke rumah,” harap Eni salah seorang warga yang rumahnya masih terendam air, Kamis (3/11).

Pantauan di lapangan menunjukan para pengungsi masih bertahan di sejumlah tempat yang disediakan pemerintah daerah. Debit air Sungai Jelai masih meluap dan merendam rumah mereka.

Penurunan ketinggian air masih sedikit sehingga dinilai masih belum aman jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

“Lantai rumah masih terendam. Mungkin menunggu ketinggian air sudah dibawah dari lantai rumah baru bisa pulang. Mudah-mudahan cuaca panas terus agar cepat surut,” harap warga lainnya.

Baca Juga :  Waspada, Luapan Sungai Jelai Bisa Meluas

Luapan Sungai Jelai tahun ini disebut sebagai banjir terparah yang terjadi di Kota Sukamara sepanjang sejarah. Banjir terbesar pernah terjadi di tahun 1999, namun dampaknya tidak sebesar sekarang yang merendam hampir seluruh rumah di bantaran sungai dan wilayah Sukaramai, Kalimantan Barat.

“Seingat saya banjir besar pernah terjadi tahun 1999 dan air tidak masuk ke dalam rumah. Tetapi tahun ini banjirnya lebih besar lagi,” cerita Jali, salah seorang pria lanjut usia yang rumahnya juga terdampak banjir.(fzr/sla)

Pos terkait