Diguyur Hujan Deras Semalaman, Palangka Raya Dikepung Banjir

Jalan Tumenggung Tilung salah satu wilayah yang terparah genangan airnya
Jalan Tumenggung Tilung salah satu wilayah yang terparah genangan airnya akibat meluapnya saluran drinase.(istimewa)

PALANGKA RAYA, RadarSampit.com – Hujan lebat mengguyur sebagian wilayah di Kota Palangka Raya. Akibatnya, sejumlah kawasan tergenang air. Banjir terjadi diduga lantaran tak berfungsinya saluran air (drainase), sejak Kamis (19/5) malam hingga Jumat (20/5) siang.

Beberapa lokasi tergenang air diantaranya Jalan Krakatau, Pangeran Samudra, Sisingamangaraja, G Obos, Sapan, Belibis, Tjilik Riwut Km 4, Jalan Garuda, Jalan Gurame, Pangrango, Temanggung Tilung, Meranti Ujung, Diponegoro, Ramin Ujung dan kawasan lainnya di Kota Cantik.

Genangan air itu mengenai jalan mencapai 20-30 sentimeter, bahkan mengakibatkan rumah warga tergenang dan air pengaringan meluap. Parahnya, di Jalan Meranti Ujung ketinggian air  mencapai 100 cm-125 cm.

Bahkan di Jalan Temanggung Tilung setelah beberapa jam usai hujan reda, hampir sepanjang jalan air menggenangi jalan setinggi lutut orang dewasa hingga mengganggu arus lalu lintas.

Salah satu pengendara Rangga mengaku, terganggu dengan kondisi genangan air tersebut. Terlebih saat dia melewati kawasan Jalan Temanggung Tilung berakibat sepeda motor dikendarainya mogok lantaran air masuk ke dalam karburator kendaraan.

Baca Juga :  Melawan saat Ditangkap, Tumbang Ditembak Polisi

”Saya berharap bisa segera ditanggulangi. Saya mengira banjir ini karena drainase dan penyumbatan oleh sampah. Apalagi curah hujan dari dini hari. Berharap segera bisa diperbaiki dan pemerintah benar-benar memberikan solusi terkait kondisi yang ada, sebab jika hujan deras di kawasan itu selalu tergenang,” ujar Rangga.

Dia menambahkan, pemerintah diharapkan segera bertindak tegas dan masyarakat juga diharapkan semakin sadar atas menjaga lingkungan, hal utama tidak membuang sampah di dalam drainase hingga menyumbat saluran air.

Pos terkait