Dinas Ketahanan Pangan Latih Wartawan Manfaatkan Lahan Pekarangan 

pelatihan hidroponik
PELATIHAN: Para wartawan sangat antusias mengikuti pelatihan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan yang digelar oleh DKP bekerjasama dengan PWI Kobar Selasa (21/6). (RINDUWAN/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, RadarSampit.com – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar pelatihan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan untuk mendukung ketahanan pangan keluarga bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kotawaringin Barat, Selasa (21/6).

Peserta pelatihan ini adalah para wartawan yang tergabung dalam PWI Kobar. Ada dua sistem pelatihan yakni hidroponik dan secara manual dengan pendamping dari Dinas Ketahanan Pangan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kobar Ahmad Yadi mengatakan bahwa pemanfaatan lahan pekarangan ini masih sangat minim. Oleh sebab itu DKP membidik masyarakat Kobar untuk memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami berbagai macam tanaman yang bermanfaat.

Termasuk memanfaatkan tempat sempit untuk menanam sayur. Karena bisa menggunakan polibag maupun secara hidroponik yang tidak memerlukan halaman pekarangan yang luas.

“Sudah banyak pelatihan yang kita lakukan baik kepada instansi maupun kelompok masyarakat. Termasuk kali ini menggandeng PWI Kobar dengan pesertanya para wartawan,” kata Ahmad Yadi.

Kegiatan pelatihan ini nantinya juga bakal menyasar masyarakat lainnya. Sehingga banyak yang mempunyai ilmu dan pengetahuan dalam pemanfaatan lahan pekarangan rumah.

Baca Juga :  Bandar dan Pemakai Narkoba Dibekuk

“Selain pelatihan, Dinas Ketahanan Pangan Kobar juga telah membagikan 14 ribu bibit sayuran dan buah secara gratis. Harapan kami setelah dibagi tentunya bibit tersebut ditanam dan dirawat,” ujarnya.

Setidaknya tanaman tersebut untuk mencukupi kebutuhan sayur dari keluarga terlebih dahulu. Jika hasilnya melimpah tentunya bisa dijual ke pasar, karena harga sayur juga lumayan tinggi.

“Serta dengan melakukan penanaman sayur dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang minim tadi dapat mengurangi pengeluaran dan mendapatkan sayuran yang sehat karena dirawat sendiri,” bebernya.

Sementara Ketua PWI Kobar Syamsudin mengatakan, pihaknya merasa senang karena telah dilibatkan Dinas Ketahanan Pangan Kobar dalam pelatihan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan. Sehingga para wartawan nantinya bisa mengaplikasikan kegiatan menanam sayur di rumah masing-masing.

Pos terkait