Disdik Palangka Raya Gelar Uji Kemahiran Bahasa Indonesia Adaptif Merdeka

disdik palangka raya
KOMITMEN: Kadis Pendidikan Kota Jayani melalui Sekretaris Dinas Aprae Vico Ranan (batik merah) saat membuka Diseminasi dan Pengujian Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka Bagi Pemangku Kepentingan Bidang Pendidikan se-Kota Palangka Raya. (DODI/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya menjadi mitra Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah untuk mengadakan Diseminasi dan Pengujian Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka bagi pemangku kepentingan bidang pendidikan se-Kota Palangka Raya. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kadis Pendidikan Kota Jayani melalui Sekretaris Dinas Aprae Vico Ranan, Kamis (4/5).

Aprae Vico Ranan mengatakan, Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya sebagai mitra kerja dari Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah mendukung kegiatan yang diikuti 25 tersebut.

Bacaan Lainnya

“Melaksanakan Diseminasi dan Pengujian Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka Bagi Pemangku Kepentingan Bidang Pendidikan se-Kota Palangka Raya. Ini langkah dari pemkot dan wali kota untuk terus meningkatkan kualitas Pendidikan di Kota palangka Raya. Apalagi Palangka Raya menjadi contoh dari kabupaten lain, artinya pendidikan harus terus lebih meningkat,” ujarnya.

Baca Juga :  Disdik Kota Larang Lato-Lato Dibawa  ke Sekolah

UKBI merupakan tes standar untuk mengetahui kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia. Sebagai bahasa yang memiliki bahasa modern yang multifungsi dan memiliki jumlah penutur yang besar, bangsa Indonesia memang harus memiliki sarana evaluasi mutu penggunaan Bahasa Indonesia.

“Tanpa menafikan peran wahana lain. UKBI memiliki fungsi yang amat strategis, tidak hanya untuk meningkatkan kualitas Bahasa Indonesia serta penggunaan dan pengajarannya di dalam dan luar negeri, tetapi juga untuk memupuk sikap positif dan rasa bangga masyarakat Indonesia terhadap bahasanya,” tegasnya.

Ia berharap kegiatan ini bisa membawa manfaat untuk meningkatkan kualitas berbahasa Indonesia baik pendidik maupun peserta didik di Kota Palangka Raya. Peserta dalam kegiatan ini harus berpartisipasi dalam kebermanfaatan UKBI adaptif Merdeka.

“Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya sebagai mitra kerja akan terus mendukung program kerja Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, salah satunya adalah kegiatan UKBI adaptif merdeka di Kota Palangka Raya. Disdik meyakini ini berdampak baik bagi dunia pendidikan di Kota Palangka Raya,” tegasnya lagi.



Pos terkait