DLH Kobar Siapkan Skenario Penanganan Sampah Tahun Baru

angkutan sampah 1
ANGKUT SAMPAH: Aktivitas pengangkutan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar di Kota Pangkalan Bun belum lama ini. (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bersiap untuk penanganganan peningkatan volume sampah menjelang, selama hingga setelah perayaan Tahun Baru 2024. Sekitar 298 orang petugas akan disiagakan untuk penanganan sampah di momen tersebut.

Kepala DLH Kobar Fitriyana melalui Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup (P2KLH) Nurliani mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan strategi khusus untuk mengantisipasi penumpukan sampah di titik-titik yang menjadi konsentrasi warga untuk merayakan pergantian tahun.

Bacaan Lainnya

“Kita sudah susun rencana penambahan jam kerja petugas kebersihan. Rencananya jam 04.00 WIB pagi personel kebersihan telah siap di lokasi masing-masing,” katanya, Jumat (29/12/2023)

Mereka (personel kebersihan) kemudian akan diarahkan untuk menangani kawasan yang menjadi titik pusat perayaan tahun baru. “Sekiranya masih ada sampah di lokasi-lokasi itu maka kita akan bersihkan,” katanya.

Baca Juga :  Mafia Minyak Kobar Diringkus, Segini Besar Cuannya

Sehingga pukul 08.00 WIB di seluruh jalan protokol diharapkan bersih dari penumpukan sampah. Selain itu seluruh unit pengangkut smapah juga akan dikerahkan.

“Untuk wilayah Kota Pangkalan Bun, unit pengangkut sampah telah kita siapkan. Pagi hari sekitar jam 07.00 WIB untuk pengangkutan awal kita jadwalkan truk, kemudian akan disisir lagi oleh unit roda tiga (Tossa). Selanjutnya sekitar jam 10.00 WIB akan disisir lagi dengan pikap, dan sore hari kembali mengerahkan unit Tossa,” terangnya.

Tak hanya wilayah Pangkalan Bun, DLH juga menyiapkan dua unit truk untuk angkutan sampah di kawasan wisata Pantai Kubu dan sekitarnya. “Dua unit kita siagakan untuk kawasan Kubu, karena biasanya saat terjadi peningkatan jumlah pengunjung, maka volume sampah juga akan meningkat,” pungkasnya. (sla)

 

 



Pos terkait