DPKUKMP Gelar Pelatihan untuk Tingkatkan SDM Koperasi di Palangka Raya

SOCIETY DPKUKMP
PEMBINAAN: DPKUKMP Palangka Raya saat menggelar pelatihan kemitraan koperasi dengan lembaga bank dan non bank di Kota Palangka Raya,Selasa (14/5/2024). (DODI/RADAR PALANGKA)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah Dan Perindustrian Kota Palangka Raya (DPKUKMP), menggelar pelatihan kemitraan koperasi dengan lembaga bank dan non bank di Kota Palangka Raya, Selasa (14/5/2024).

Kepala DPKUKMP Palangka Raya Samsul Rizal melalui Sekretaris Hadriansyah  menyampaikan, langkah ini dalam rangka meningkatkan keterampilan para ketua maupun pengurus koperasi  dalam merencanakan, menegosiasikan dan melaksanakan kemitraan dengan lebih efektif.

Bacaan Lainnya

Ia menyampaikan juga, pelatihan ini memperkenalkan jenis-jenis kemitraan dan berbagai pola kemitraan. Dimana secara umum pola kemitraan adalah bentuk kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua pihak atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.

Selain itu lanjut Hadriansyah, kebijakan dan program yang mendukung transformasi koperasi juga dilakukan melalui program modernisasi koperasi, penguatan pengawasan koperasi, pembiayaan penjaminan koperasi, dan pengembangan SDM perkoperasian.

Diuraikannya, pemerintah telah mengimplementasikan Koperasi Multi Pihak, mendorong kemitraan, dan juga digitalisasi. Perlu adanya perubahan mindset pada generasi milenial dan juga masyarakat terhadap koperasi.

Baca Juga :  Retribusi Parkir di Palangkaraya Rendah

“Tata kelola koperasi juga harus inovatif dan adaptif dengan perkembangan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat,” ujar Hadriansyah.

Ditekankannya, salah satu program pemerintah dalam melakukan berbagai upaya strategis untuk meningkatkan cara bagaimana berkoperasi yang baik dan handal, salah satunya dengan penyelenggaraan pelatihan kemitraan koperasi dengan lembaga bank dan non bank.

Hadriansyah menambahkan, pelatihan kemitraan koperasi  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengurus dalam mengelola koperasi dalam hal perencanaan, strategi pengembangan koperasi sebagai entitas bisnis.

“Sampai membangun hubungan yang saling menguntungkan, pemasaran digital bagi koperasi dan pengawasan terhadap tata kelola koperasi baik dari sisi akuntansi, manajemen usaha dan manajemen resiko,” pungkasnya.



Pos terkait