Eks Lahan Relokasi Pasar Tembaga Indah Dijadikan RTH

rth 2
JADI RTH: Proses penimbunan eks Pasar Tembaga Indah, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kobar, Sabtu (16/7) (istimewa)

PANGKALAN BUN, RadarSampit.com – Sempat dikeluhkan masyarakat lantaran digunakan untuk tempat pembuangan sampah liar, eks lahan relokasi Pasar Tembaga Indah di Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat akhirnya diubah menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Saat ini proyek awal pengerjaan ruang terbuka hijau sudah dilakukan dengan pengerjaan penimbunan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Rencana pembangunan ruang terbuka hijau tersebut disambut antusias warga setempat, mereka berharap kawasan tersebut menjadi sarana rekreasi murah bagi warga di Kelurahan Baru dan sekitarnya.

“Warga di sini senang kalau nanti bisa jadi taman dan tempat rekreasi dari pada jadi lokasi pembuangan sampah liar, yang dampaknya mengganggu kesehatan masyarakat di sekitar tempat itu,” kata warga Kelurahan Baru, Ratnati.

Camat Arut Selatan, M Ramlan mengatakan pengerjaan awal oleh PUPR maka dapat dilanjutkan dengan pembangunan RTH yang berkonsep ramah lingkungan.

“Nanti kawasan ini bakal menjadi RTH yang di dalamnya banyak sarana dan prasarana untuk menunjang konsep RTH yang ramah lingkungan,” ujarnya, Minggu (17/7).

Baca Juga :  Akhir November Baru Dapat Rp 1,5 Miliar Retribusi Parkir Belum Penuhi Target

Ia menjelaskan bahwa rencananya RTH tersebut selain menjadi tempat wisata keluarga, juga akan diberi ruang untuk pelaku UMKM dengan berjualan berbagai macam kuliner, serta tempat olahraga bagi masyarakat.

Dengan keberadaan RTH yang dipadukan dengan kuliner dan sarana olahraga diharapkan dapat menjadi penambahan pendapatan masyarakat khususnya warga sekitar RTH.

Pos terkait