Elite Kotim Bisa Bersaing untuk Berebut Kursi Gubernur-Wakil Gubernur Kalteng

ilustrasi pilkada
Ilustrasi Pilkada

SAMPIT, radarsampit.com – Dorongan terhadap sejumlah elite politik di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) untuk ikut bertarung memperebutkan kursi Gubernur-Wakil Gubernur Kalteng kian kuat. Sejumlah figur dinilai layak dan bisa bersaing.

”Supian Hadi atau Halikinnor sudah punya basis suara di Kotim. Tentunya secara kedekatan emosional dan politik, saya berkeyakinan pemilih lebih memilih kedua nama itu untuk kancah pilgub nanti. Jadi, apa yang dipikirkan lagi?” kata pengamat politik dan praktisi hukum di Kotim Agung Adisetiyono, Senin (15/4/2024).

Bacaan Lainnya

Agung menuturkan, sejauh ini nama yang mencuat untuk bisa diajukan bertarung di level Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng adalah Supian Hadi dab Halikinnor. Keduanya dinilai memiliki modal basis suara yang besar di Kotim. Apalagi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kotim pada Pemilu lalu mencapai 300 ribu lebih, jauh lebih besar dibanding kabupaten lainnya.

Berdasar data KPU Kalteng, DPT Kotim tercatat sebanyak 303.608 pemilih. Kemudian, Kotawaringin Barat (Kobar) 200.520 pemilih, Kapuas 297.976 pemilih, Barito Selatan (Barsel) 98.976 pemilih, Katingan 124.384 pemilih, Seruyan 108.397 pemilih, Sukamara 44.463 pemilih.

Baca Juga :  Keroyokan Bantu Korban Banjir Kotim

Kemudian, Lamandau 75.387 pemilih, Gunung Mas (Gumas) 90.918 pemilih, Pulang Pisau (Pulpis) 101.189 pemilih, Murung Raya (Mura) 82.683 pemilih, Barito Timur (Bartim) 81.100 pemilih, dan Kota Palangka Raya sebanyak 211.423 pemilih.

Menurut Agung, setidaknya sepertiga pemilih di Kotim akan cenderung mengarahkan pemilihnya kepada orang yang mereka kenal. Selama ini Kotim dinilai hanya sekadar menjadi penyumbang suara untuk calon dari daerah lain. Akibatnya, banyak pembangunan yang harusnya dibiayai dari dana pemerintah provinsi terabaikan.

”Baru beberapa tahun terakhir ini kalau tidak salah dana masuk dari provinsi mencapai ratusan miliar untuk Kotim dan ini kita patut berterima kasih kepada Gubernur Kalteng saat ini yang sudah mengalokasikan anggaran tersebut,” katanya.

Nama Supian Hadi dan Halikinnor belakangan ini memang gencar diisukan maju di Pilgub Kalteng. Supian Hadi kabarnya melakukan gerilya politik dengan sejumlah petinggi parpol. Supian disebut-sebut akan diusung PDIP pada Pilgub Kalteng.



Pos terkait