Sampah di Sampit Meningkat selama Lebaran

Di Katingan, Legislator Soroti Tak Maksimalnya Pembersihan

sampah
BERSERAKAN: Sampah yang berserakan di wilayah Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah, Katingan, belum lama ini. (Istimewa)

SAMPIT, radarsampit.com – Selama Ramadan hingga Idulfitri 1445 Hijriah tahun ini, volume sampah di Kota Sampit meningkat. Pada hari biasa, volume sampah mencapai 80-100 ton per hari. Namun, selama Ramadan mencapai 120-130 meter kubik per hari.

”Volume sampah selama Ramadan sama seperti tahun lalu dan masih bisa ditangani seperti biasa. Ramadan kurang lebih ada peningkatan 15 ton per hari atau sekitar 120-130 meter kubik. Sedangkan saat Lebaran meningkat hingga 20 ton per hari,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya Beracun Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim Gatot Ismutarto, Senin (15/4/2024).

Bacaan Lainnya

Gatot menuturkan, jumlah petugas yang mengangkut sampah tahun ini juga bertambah dari 77 orang menjadi 87 orang, termasuk sopir. Pekerjaan dibagi menjadi tujuh regu yang terdiri 6-8 petugas pengangkut sampah.

”Tujuh regu ini ditugaskan masing-masing membersihkan 7 depo dan 1 TPS 3R di Jalan Kopi Selatan dan tempat pembuangan sampah (TPS) yang tersebar di Kota Sampit,” ujarnya.

Depo yang dibangun DLH Kotim tersebar di dua kecamatan, yakni Mentawa Baru Ketapang sebanyak enam depo dan Baamang dua depo. Ada pula TPS di Kelurahan Baamang Hulu 1 titik, Jalan Muchran Ali 3 titik, Jalan Tjilik Riwut 1 titik, Pasar Ikan Mentaya PPM, di RSUD dr Murjani, dan di Perumahan Sinar Fajar Jalan Ir Soekarno.

Baca Juga :  Pelanggaran Kampanye di Kotawaringin Timur Semakin Parah

”Total ada delapan TPS yang kami sediakan kontainer penampungan sampah. Sebagian TPS sudah banyak yang ditutup. Dari tiga unit amrol lama, dua unit saja yang dipakai rutin. Satu unit masih perlu perawatan,” ujarnya.

Pihaknya masih mempertahankan petugas angkut sampah dan pengadaan armada yang saat ini berjumlah 11 unit dump truk. Tiga di antaranya merupakan pengadaan tahun anggaran 2022 dan tiga unit amrol untuk melayani pengangkutan TPS, satu unit loader, dan direncanakan ada tambahan 1 unit loader lagi untuk ditempatkan di Depo Jalan Pelita dan Depo Jalan Cristopel Mihing.

”Sebanyak 87 petugas angkut sampah bertugas mengangkut sampah setiap hari dan setiap sebulan sekali dirolling mengangkut sampah ke depo. Setiap depo besar mengangkut 11 rit sampah per hari dan untuk depo kecil pengangkutan sampah 2 rit per hari,” katanya.



Pos terkait