Giliran Desa Natai Baru Membara 

kebakaran natai baru 1
PADAMKAN API: Satgas Karhutla saat penanganan Karhutla di Desa Natai Baru, Kecamatan Arsel, Kabupaten Kobar, Senin (2/1) (Istimewa)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Warga Desa Natai Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat dibuat panik dengan kobaran api yang membakar areal bekas persawahan di desa setempat.

Api terbagi menjadi dua titik yaitu di sisi kanan dan kiri jalan poros desa, hal itu membuat akses transportasi menjadi tersendat, warga tidak berani melintas mengingat kepulan asap tebal mengganggu jarak pandang.

Bacaan Lainnya

BPBD Kobar mengerahkan tiga unit water suplai, namun mengingat api sudah meluas water suplai sudah tidak mampu lagi menjangkau titik api, mesin portabel dan jet shooter menjadi sarana andalan satgas Karhutla.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Barat M Nasir yang berada di lokasi kebakaran hutan dan lahan menceritakan, lokasi kebakaran merupakan areal bekas persawahan masyarakat yang sudah ditumbuhi semak belukar dan ilalang yang mengering.

Baca Juga :  Upayakan Pengembalian Kerugian, Korban Arisan Bodong Gandeng Pengacara

“Sulit dipadamkan, api sudah meluas, apalagi vegetasinya adalah media yang mudah terbakar,” ujarnya, Senin (2/1).

Tak hanya itu mereka juga kesulitan mendapat sumber air, untuk itu mereka mengandalkan mesin pemadam portabel dan menggunakan selang yang disambung hingga beberapa rol sampai mendekati titik api.

Diungkapkannya kebakaran hutan yang terjadi sejak siang hari itu telah menghanguskan kawasan seluas 20 hektare dan kemungkinan luasannya bertambah.

Tim hingga saat ini masih berjibaku memadamkan api, unsur yang terlibat BPBD Kobar, Manggala Agni, Balakar Huma Singgah Itah dan Balakar Manggala Yudha, TNI dan Polri.

Sementara itu, kebakaran hutan dan lahan juga terjadi diwilayah perkotaan ditengah permukiman padat penduduk di Jalan Arut, Gang Bengkirai Muda I, RT 26, Kelurahan Baru.

Pos terkait