Harga TBS Tembus Rp 2.423,96 Per Kg

ilustrasi

MUARA TEWEH – Kabar bahagia ditengah pandemi Covid 19 bagi para petani Sawit. Pasalnya harga tandan buah segar (TBS) kelapa Sawit, kembali mengalami kenaikan. Diinformasikan, saat ini harga TBS sudah tembus dianga Rp 2.423,96 per Kilo Gram.

Hal ini sesuai dengan hasil rapat penetapan harga TBS di Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), yang diikuti oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Batara, Syahmiludin A Surapati, Selasa (5/10).

Rapat tersrbut juva dihadiri oleh semua perwakilan pemangku kepentingan (Pemerintah Provinsi/Kabupaten/kota, perusahaan perkebunan sawit, pekebun/petani sawit) di Kalteng.

“Alhamdulilah harga pembelian TBS dari waktu ke waktu terus meningkat. Saat ini untuk harga TBS untuk bulan Oktober 2021 ada di harga Rp 2.423,96 per-Kg TBS,” ujar Syahmiludin, Rabu (6/10) lalu.

Harapannya, dengan meningkatnya harga TBS ini dapat menjadi pemicu minat dan motivasi dari para petani pekebun untuk betul-betul secara serius mengurus kebunnya. Prospek energi dari bahan nabati memiliki potensi yang sangat menjanjikan dimasa masa mendatang seiring semakin menipisnya cadangan energi berbahan fosil.

“Peluang ini perlu kita maksimalkan karena masih cukup tersedianya kawasan lahan untuk komoditi perkebunan yang bisa dikembangkan, dengan tetap mengedepankan kawasan penyangga bagi kelestarian lingkungan,” pungkas mantan Camat Gunung Timang ini.(viv/gus)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *