Haul Kiai Gede Diprediksi Padat Peziarah

makam kyai gede
KIAI GEDE: Makam Kiai Gede di Kecamatan Kotawaringin Lama selalu ramai peziarah. (Polsek Kolam/Radar Pangkalan Bun)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Haul Kiai gede tahun 2023 ini rencananya bakal digelar pada Minggu 5 Februari mendatang. Sejumlah persiapan mulai dimatangkan untuk acara tahunan tersebut.

Plt Sekda Kobar Juni Gulton mengatakan, haul kiai Gede ini menjadi salah satu agenda tahunan. Mengingat saat haul ini menyedot perhatian peziarah dari berbagai daerah baik dari Kalimantan Tengah maupun dari provinsi lain.

Bacaan Lainnya

“Haul Kiai Gede ini jatuh pada hari Minggu 5 Februari. Dimana sudah banyak yang kita siapkan dalam rangka menyiapkan acara haul di Komplek makam Kyai Gede Kecamatan Kotawaringin Lama,” kata Plt Sekda Kobar.

Dalam persiapannya, pemerintah daerah telah menggelar rapat untuk persiapan acara. Karena saat haul pasti ada puluhan ribu orang yang datang.

“Maka ini juga harus disiapkan sscara matang, supaya peziarah yang datang bisa nyaman dengan jumlah orang yang begitu banyak,” ujarnya.

Baca Juga :  Belasan Sapi Kobar Diduga Tertular PMK, Pemkab Larang Pasokan dari Daerah Ini

Memang dalam dua tahun sebelumnya haul Kyai gede dibatasi karena pandemi Covid-19. Namun setelah tak ada kasus di Kobar dan level PPKM juga tekah dicabut, maka peziarah seperti dulu lagi.

“Maka untuk kenyamanan, semua hal mulai disiapkan. Termasuk nantinya selain membuat acara haul berjalan nyaman dan lancar. Tentunya masalah parkir ini tak boleh dilupakan,” ujarnya.

Maka kantong parkir juga sudah mulai disiapkan, agar nantinya peziarah yang bawa kendaraan tak kebingungan. Mengingat banyak peziarah yang dari luar daerah. (rin/sla) 

 

 

Pos terkait