Jalur Pelayaran Kumai – Kendal Makin Diminati

Pemkab Siapkan Peningkatan Fasilitas

penyeberangan kumai
Personel UPT Pelabuhan Penyeberangan Kumai Dishub Kobar saat melakukan pengawasan turun penumpang dari KMP. Kalibodri

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Pelabuhan Penyeberangan Kumai yang menjadi jalur pelayaran menuju Pelabuhan Kendal, Jawa Tengah telah memberangkatkan sekitar 2.830 penumpang selama mudik lebaran tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Pengawas Kegiatan Kepelabuhanan di UPT Pelabuhan Penyeberangan Kumai Joko Koco Sucipto pada Senin (8/5/2023).

Joko menginformasikan bahwa selama bulan Ramadan tercatat sebanayk tujuh kali kedatangan dan keberangakatan KMP Kalibodri di Pelabuhan Penyeberangan Kumai tersebut

“Penumpang yang naik dari Pelabuhan Penyeberangan Kumai selama bulan Ramadan yang melakukan mudik lebaran mengalami lonjakan pada tanggal 12, 16 dan 20 April. Selain penumpang, KMP Kalibodri tersebut juga mengangkut kendaraan yang membawa sembako, hewan ternak, dan lain-lain,” ungkap Joko.

Lebih lanjut Joko merincikan, jumlah lonjakan penumpang saat arus mudik lebaran pada tanggal 12 April dengan jumlah 722 orang, tanggal 16 April sebanyak 986 orang, dan tanggal 20 April sebanyak 661 orang.

“Mulai H+6 lebaran 1444 H hingga hari ini (8/5) telah terjadi aktivitas arus balik penumpang yang turun di Pelabuhan Penyeberangan Kumai dari Pelabuhan Kendal. Pada tanggal 4 Mei 2023, penumpang yang turun sebanyak 651 orang dan pada hari ini penumpang yang turun sebanyak 1.010 orang,” ungkapnya.

Baca Juga :  Berbagi Untuk Korban Banjir Kotawaringin Barat

Seiring dengan peningkatan aktivitas di Pelabuhan Penyeberangan Kumai, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat melalu Dinas Perhubungan (Dishub) terus berupaya untuk meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana demi optimalnya pelayanan kepada masyarakat. (*/sla)

 

 

 

 



Pos terkait