Jaringan 3G Bakal Dimatikan, Segera Upgrade ke Jaringan 4G

jaringan
Ilustrasi jaringan internet (Pixabay)

Merespons wacana untuk mematikan jaringan 3G di Indonesia, Telkomsel akan mulai melakukan proses peningkatan atau pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 Kota Kabupaten hingga akhir 2022 nanti. Proses upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE tersebut akan dilakukan secara berkala, dengan tahap pertama di mulai pada Maret hingga Mei 2022 di 90 Kota/Kabupaten, yang mencakup 766 kecamatan.

Sedangkan untuk tahap berikutnya akan dilanjutkan upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE di 132 Kota/Kabupaten pada Juni hingga Juli 2022, kemudian 178 Kota Kabupaten di Agustus hingga Oktober 2022, dan 104 Kota Kabupaten pada November sampai dengan Desember 2022.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, Maret 2022 akan menjadi tahap pertama Telkomsel dalam melakukan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap di beberapa wilayah di Indonesia, dan ditargetkan selesai pada Mei 2022 sebelum kemudian dilanjutkan pada upgrade tahap kedua.

“Melalui pemerataan jaringan broadband terdepan ini, akan ada semakin banyak kesempatan yang terbuka bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati dan memaksimalkan pengalaman akses broadband 4G/LTE yang lebih merata, cepat, stabil, dan dapat diandalkan, baik dalam memaksimalkan aktivitas digital sehari-hari maupun mengakselerasi transformasi digital di dalam mendukung aktivitas bisnis hingga tingkat masyarakat di pelosok,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta.

Baca Juga :  Deretan Fitur Baru Instagram buat Geber Konten Video

Untuk memastikan proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur di seluruh wilayah di Indonesia dapat berjalan baik dan tidak mengurangi kenyamanan pelanggan, Telkomsel menyebut telah mempersiapkan seluruh action plan mulai dari persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan, hingga tahapan mitigasi secara optimal, yang dilakukan hingga tingkat kecamatan di Kota Kabupaten yang akan menjalani proses upgrade.

Pos terkait