Dua Tahun Merugi, Pedagang Kurma Tak Jera

Semarak bulan suci Ramadan 1443 Hijriah semakin terasa
BUAH MUSIMAN: Beragam jenis dan merek buah kurma yang dijual di Jalan RA Kartini mulai ramai diminati pembeli, Sabtu (26/3). (HENY/ RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Semarak bulan suci Ramadan 1443 Hijriah semakin terasa. Sepekan lagi, umat muslim mulai melaksanakan ibadah puasa. Buah khas  Ramadan yakni kurma mulai dipasarkan sejumlah pedagang di Kota Sampit.

Edi Tanjung, salah seorang pedagang kurma, mengaku sudah mulai menjual kurma sepekan terakhir ini. Berbagai jenis buah kurma dipajang dengan harga yang bervariatif. Semakin berkualitas varian rasa kurmanya, semakin mahal harganya.

Bacaan Lainnya

Misalkan jenis buah kurma madu merk Barari yang berasal dari Tunisia dijual dengan harga mulai dari harga Rp 25 ribu ukuran 250 gram, Rp 50 ribu ukuran 500 gram, Rp 100 ribu ukuran 1,2 kg, hingga Rp 400 ribu kemasan 5 kg.

Selain kurma merk Barari, adapula kurma merk Palm Fruit dan Golden Valley. Kedua merk ini juga hasil panen impor dari Tunisia. Untuk merk Palm Fruit dijual seharga Rp 65 ribu per 500 gram dan untuk kurma merk Golden Valley di kisaran harga Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu per kg.

Baca Juga :  Kata Pengamat Ini, Banyak Pejabat Dikerangkeng gara-gara Proyek

“Ketiga merk ini (Barari, Golden Valley dan Palm Fruit) cukup banyak diminati pembeli. Harganya terjangkau, teksturnya lembut dan rasanya manis,” kata Edi Tanjung, Sabtu (26/3).

“Ada juga kurma Deglet Nour asal Tunisia saya jual Rp 60 ribu per 500 gram, rasanya mirip Palm Fruit, warna lebih pucat kecoklatan dan dagingnya tidak selembut Barari, tapi tetap terasa manisnya,” tambahnya.

Tidak hanya itu saja, Edi juga menjual kurma asal Mesir yang dijual Rp 60 ribu per kg, Kurma Nabawi asal Madinah, kurma Ajwa Rp 12 ribu – Rp 15 ribu per biji atau berkisar Rp 900 ribu – Rp 1 juta per kg.

“Saya masih nunggu barang pesanan saya dari Surabaya lewat kapal, jadi untuk harga kurma Ajwa, Nabawi, masih belum lihat nota. Awal Ramadan semua kurma lengkap, siap jual,” katanya.

Pos terkait