Jazzboy, Sebangau, Itang dan Dius Dilepas

orang utan
Ilustrasi Orangutan. (Pixabay)

PALANGKA RAYA, RadarSampit.com – Keempat orangutan bernama Jazzboy (Jantan), Sebangau (Betina), Itang (betina) dan Dius (jantan) dilepasliarkan. Kegiatan itu digelar Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng dan Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS), Rabu (18/5).

Keempat Orangutan itu hasil rehabilitasi di Pusat Rehabilitasi Nyaru Menteng dan dikembalikan ke alam ke hutan alami di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) Kabupaten Katingan.

Jazzboy, berusia 17 tahun berasal dari Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur. Sabangau berusia 11 tahun dari Desa Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau,Itang berusia 21 tahun dari Kuala Kurun, Kabupaten Gunung dan Dius berusia 18 tahun dari Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur.

Lokasi pelepasliaran orangutan dari pusat rehabilitasi orangutan BOSF di Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah ke Hutan Lindung Bukit Batikap, Kabupaten Murung Raya 2.Hutan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Kabupaten Katingan.Diinformasikan, pelepasliaran Orangutan dari BOSF Nyaru Menteng telah dimulai sejak Februari 2012.

Kepala BKSDA Kalteng Nur Patria Kurniawan mengatakan, pelepasliaran  dilaksanakan sejak 2012 hingga hari ini, telah dilakukan sebanyak 39 kali di BOSF Nyaru Menteng. Yaitu 15 kali di Hutan Lindung Bukit Batikap Kabupaten Murung Raya, dan sudah 24 kali di TNBBBR, Kabupaten Katingan.

Baca Juga :  Gepeng di Palangka Raya Jadi Sorotan

Secara total sejak 2012 hingga hari ini, BOS Foundation telah melepasliarkan sebanyak 497 individu orangutan di hutan alami, 376 di situs-situs pelepasliaran di Kalimantan Tengah, dan 121 di Kalimantan Timur.

”Jumlah orangutan yang saat ini ada di Pusat Rehabilitasi BOS Foundation setelah pelepasliaran ini adalah sebanyak 407 individu orangutan, 283 dari Nyaru Menteng di Kalimantan Tengah, dan 124 dari Samboja Lestari,” papar Nur Patria.

Ia melanjutkan,  pelepasliaran ini adalah yang pertama di tahun 2022 yang dilaksanakan oleh BOS Foundation di Kalimantan Tengah. Empatorangutanakan dilepasliarkan dalam kegiatan ini, melalui 1 kali pemberangkatan, Rabu, 18 Mei 2022.



Pos terkait