Kabur dari Rumah Singgah Dinsos, OT Diciduk Satpol PP

Kabur dari Rumah Singgah Dinsos Orang Terlantar Diciduk Satpol PP
KABUR: OT diamankan Satpol PP Kobar di Jalan Pakunegara, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, baru-baru ini. (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN – Salah seorang warga Dukuh Sandong, Desa Rogoselo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah kabur dari rumah singgah Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Pria dengan status Orang Terlantar (OT) tersebut beberapa waktu lalu diserahkan oleh Posyan KPPP Kumai ke Dinas Sosial setempat dan hanya menunggu jadwal akan dipulangkan. Namun sebelum terlaksana pria tersebut kabur.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kobar yang mendapat informasi itu kemudian menelusuri keberadaan pria tersebut. Orang terlantar itu akhirnya diamankan setelah kedapatan berada di kawasan Jalan Pakunegara dan diserahkan ke Dinsos Kobar.

Kasatpol PP Damkar Kobar Majerum Purni melalui Kasiops Gusti M Rois mengatakan bahwa Orang Terlantar (OT) tersebut sebelumnya telah ditangani oleh Dinas Sosial Kobar dan ditempatkan di rumah singgah untuk sementara waktu.

“Rencananya OT akan dipulangkan ke tempat asalnya, namun kabur dari rumah singgah dan kami dapatkan kembali,” ujarnya, Minggu (13/3).

Berdasarkan pengakuan dari OT tersebut, ia terlantar di Pangkalan Bun karena tidak mempunyai biaya hidup dan tidak punya ongkos untuk pulang ke daerah asalnya.

Baca Juga :  PT.GSDI-GSYM Bantu Korban Banjir Nanga Mua

Menurutnya sejak kabur dari rumah singgah, pihaknya sudah mencari keberadaan orang tersebut. “Dinas Sosial sudah memulangkan orang tersebut ke kampung halamannya dengan menggunakan kapal laut,” ungkapnya.

Untuk diketahui bahwa ada indikasi status orang terlantar di Kabupaten Kotawaringin Barat sering dimanfaatkan untuk modus mengemis.

Aktivitas mereka baru terhenti ketika ditangkap oleh Satpol PP dan mengaku terlantar. Kemudian setelah dipulangkan ke daerah asalnya, mereka kembali ke Pangkalan Bun untuk menjalankan aktivitas serupa. (tyo/sla) 

Pos terkait