Kelurahan Ketapang Memburu Juara Lomba Tingkat Nasional

keluarahan
FOTO BERSAMA: Bupati Kotim Halikinnor beserta jajaran dari Pemkab Kotim dan Pemprov Kalteng saat  mendampingi Kelurahan Ketapang mengikuti penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat nasional di Kemendagri, Jumat (11/8/2023).

SAMPIT, radarsampit.com – Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), memaparkan seluruh inovasinya saat penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat nasional.

Di hadapan tim penilai, tim dari  Kelurahan Ketapang menyampaikan inovasi  penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).  Pihak kelurahan membentuk relawan siaga bencana dan pembentukan tim Pedrosa.

Bacaan Lainnya

Ada pula inovasi pengelolaan sampah dengan menerapkan sanksi adat bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan.  “Untuk penerapan sanksi adat juga telah dilakukan proses sidang sanksi adat terhadap pelaku pembuang sampah sembarangan dengan melibatkan sejumlah pihak terkait,” terang  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kotim Raihansyah yang turut mendampingi Kelurahan Ketapang.

Dari sekian keunggulan yang disampaikan, penerapan sanksi adat bagi pelaku pembuang sampah menjadi sorotan tim penilai, sehingga diharapkan dapat menambah poin untuk Kelurahan Ketapang.  “Mudah-mudahan kita bisa menjadi yang terbaik dalam rangka perbaikan pelayanan di kelurahan se-Kotim,” ucapnya.

Baca Juga :  Kemarau Basah, Karhutla Masih Menghantui

Sebelumnya, Kelurahan Ketapang menjuarai  lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalteng. Berdasarkan pengumuman dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Dirjen Pemdes), Kelurahan Ketapang menjadi calon juara lomba desa dan kelurahan atau masuk dalam tiga besar lomba desa dan kelurahan tingkat nasional kategori regional III tahun 2023.

Berkaitan hal tersebut, tim dari Kelurahan Ketapang yang terdiri dari Lurah Ketapang Supriyadi didampingi Camat Mentawa Baru Ketapang Eddy Hidayat Setiadi, DPMD Kalteng, Kepala DPMD Kotim Raihansyah, Asisten II Setda Kotim Alang Arianto, Bupati Kotim Halikinnor dan Sekda Kotim Fajrurrahman melakukan paparan di Dirjen Pemdes Jakarta, Jumat (11/8) lalu.

Dalam penilaian tersebut, tim Kelurahan Ketapang menyampaikan paparan terkait inovasi dan keunggulan Kelurahan Ketapang selama 20 menit. Paparan tersebut disampaikan di depan tim penilai independent yang merupakan professor dari berbagai universitas di Jakarta.



Pos terkait