Kenyang Makan Ayam, Sanca Kembang Terjebak Dalam Kandang

ular sanca
MEMANGSA AYAM: Ular Sanca Kembang dengan panjang 3 meter berhasil direscue dari dalam kandang peternakan ayam di Desa Purbasari, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupateb Kobar, Selasa (26/10) pagi. (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN – Pemilik usaha peternakan ayam di Desa Purbasari, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terusik dengan kemunculan ular jenis sanca kembang di kandangnya. Keresahan pemilik cukup beralasan, pasalnya ular tersebut diketahui sering memangsa ayam petelur mereka, Selasa (26/10).

Ular sanca dengan corak kembang warna kuning emas dan hitam tersebut tidak dapat bergerak lantaran kekenyangan setelah memangsa dua ekor ayam sekaligus dan hanya melingkar dalam kandang yang terdapat ratusan ekor ayam.

Mendapati ular dengan belitan mematikan tersebut, karyawan berinisiatif untuk mengikatnya dengan menggunakan seutas tali yang dimasukan dari sela-sela lubang kandang yang terbuat dari teralis tersebut. Namun besarnya ukuran ular, karyawan peternakan ayam yang diketahui milik Uus tersebut tidak berani mengeluarkannya dari kandang.

Dikhawatirkan lepas dari jeratannya dan kembali memangsa ayam – ayam milik mereka, akhirnya pemilik peternakan menghubungi Diaz warga Kecamatan Kumai yang tergabung dalam Komunitas Pecinta Reptil (Koper) Kumai.

Diaz yang memang piawai dalam menaklukan binatang-binatang buas, bukan hanya ular tetapi juga pernah menangkap buaya sepanjang 2 meter lebih di Sungai Kumai itu ketika diminta untuk melakukan rescue segera menyambangi lokasi meski jarak dari Kecamatan Kumai terbilang cukup jauh.

Baca Juga :  Konsultasi Berujung "Kumpul Siri"

Diakuinya, saat proses evakuasi membutuhkan tenaga ekstra, mengingat ular tersebut berukuran besar dan sudah melilitkan tubuhnya di sela-sela lubang kandang. “Memang tidak berbisa sanca ini, tetapi dengan ukuran yang besar seperti ini lilitannya mampu meremukan tulang tangan saya, jadi harus hati-hati,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.