Korban Banjir di Palangka Raya Mulai Diserang Penyakit Kulit

20221117 112548 (1)
BANJIR : Debit air masih tinggi dan merendam permukiman warga di wilayah Mendawai, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng). Agus Fataroni/Radar Palangka

PALANGKA RAYA, radarsampit.com-Sudah sepekan lebih masyarakat Mendawai, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) terdampak banjir.

Masyarakat mulai diserang penyakit kulit, seperti gatal-gatal di bagian kaki dan tangan.

Bacaan Lainnya

Ketua Sahabat Insani, Iqbal yang menjadi relwan Kesehatan di Posko Induk Jalan Arut menuturkan, saat ini masyarakat mulai mengeluhkan gatal-gatal dan sebagian anak-anak diserang diare.

“Beberapa keluhan masyarakat terdampak banjir adalah gatal-gatal, diare pada anak-anak dan hipertensi,” ungkapnya saat dibincangi, Selasa 22 November 2022.

Dirinya juga mengatakan untuk ketersedian obat-obatan saat ini cukup memadai karena memang sampai saat ini ada bantuan obat-obatan dari Puskesmas dan Dinkes Kota Palangka Raya.

“Untuk obat-obatan yang dibutuhkan masih cukup, karena apabila yang diposko habis kita mendapat suplai lagi dari puskesmas dan dinkes,” terangnya.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat terdampak banjir untuk tetap menjaga kesehatan dan imun tubuh. Karena dengan tingkat kelelahan yang tinggi akan mengurangi daya tahan tubuh.

Baca Juga :  Banjir Bandang Kalteng Balasan Rusaknya Lingkungan

“Bagi masyarakat yang akan memeriksakan kesehatannya bisa dtang ke posko induk arut ataupun memeriksakan saat kami melakukan sambang setiap hari di wilayah terdampak banjir,” imbaunya. (agf/fm)

 

 

Pos terkait