KPU Targetkan Angka Partisipasi Pilkada Kobar Capai 75 Persen 

kpu kobar
PILKADA 2024: Ketua KPU Kobar, Chaidir bersama Penjabat Bupati Kobar dan Forkopimda pada acara pembukaan Orientasi Tugas dan Bimtek PPK dan PPS. (Syamsudin/Radar Sampit)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat menargetkan 75 persen angka partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang.

Ketua KPU Kobar Chaidir mengatakan, pihaknya berupaya keras dengan melakukan sosialisasi secara masif agar angka partisipasi masyarakat dalam Pilkada bisa meningkat dibanding Pilkada tahun 2017 lalu.

Bacaan Lainnya

Untuk tahun ini ditargetkan minimal 75 persen. “Kami akan melakukan sosialisasi secara masif, sosialisasi ini tidak hanya kami saja yang melakukan, tetapi kawan kawan kita di PPK dan PPS pun harus gencar bersosialisasi kepada masyarakat,” ujar Chaidir.

Selain itu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, ada wacana pembentukan Relawan Demokrasi dari Provinsi Kalteng dengan merekrut 10 orang yang membantu KPU dalam menyosialisasikan Pilkada 2024 ini.

Relawan Demokrasi ini nantinya akan mendatangi basis segmen masyarakat seperti dari kalangan pencinta seni, pemilih perempuan, pemilih pemula, pemilih disabilitas, dan segmen masyarakat lainnya. Disamping itu KPU juga akan menggandeng organisasi masyarakat.

Baca Juga :  Truk Ekspedisi Antar Pulau Pilih Bongkar Muat di Bahu Jalan

“Kami pun akan menggandeng organisasi masyarakat dan organisasi kewanitaan serta kegiatan pemerintah daerah, dimana kami akan terlibat dalam kegiatan mereka yang diisi dengan sosialisasi Pilkada. Berbagai upaya akan kami lakukan agar ada peningkatan partisipasi masyarakat dari Pilkada sebelumnya,” terang Chaidir.

Menurutnya berbagai persiapan menjelang Pilkada kini terus dilakukan oleh KPU Kobar. Hal itu juga untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada 2024.

Persiapan itu antara lain dimulai dengan orientasi tugas dan bimbingan teknis (Bimtek) bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Selain itu saat ini juga sedang proses perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang akan bekerja melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih di Lapangan. “Mohon doa dan dukungan semua masyarakat, mari kita sama-sama sukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini,” harapnya. (sam/sla)



Pos terkait