Lalai saat Memasak, Rumah di Pangkalan Bun Terbakar

kebakaran
KEBAKARAN: Personel damkar memadamkan api di rumah warga yang terbakar di Jalan Hasanudin, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rabu (8/5/2024) pukul 12.05 WIB.

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Satu rumah di Jalan Hasanudin Nomor 21, Kelurahan Sidorejo RT 07, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terbakar, Rabu (8/5/2024) pukul 12.05 WIB.

Terbakarnya rumah di permukiman padat penduduk tersebut membuat panik warga sekitar. Mereka berupaya melakukan pemadaman dengan peralatan manual, namun api yang terlanjur membesar dan sulit  dipadamkan.

Bacaan Lainnya

Melalui alat komunikasi handy talkie (HT), warga melaporkan peristiwa kebakaran tersebut ke Mako Damkar Kotawaringin Barat untuk meminta pertolongan.

Plt Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Barat Agus Dwi Suhartono menceritakan, api yang menjadi penyebab kebakaran berasal dari kompor yang ada di dapur.

“Pemilik rumah memanaskan minyak untuk menggoreng ayam, namun ditinggal pergi keluar rumah,” ungkapnya.

Setelah kembali ke rumah dan akan melanjutkan menggoreng ayam,  pemilik rumah mengetahui api sudah membakar dinding dapur.

Baca Juga :  Dinilai Banyak Kejanggalan, Panitia Pilkades Amin Jaya Digugat

Mahasiswa bernama Wahyu Ramadan itu berteriak meminta tolong kepada warga sekitar untuk memadamkan api.

Api yang sudah membesar membakar dinding dan plafon dapur, sehingga memicu asap tebal berwarna kehitaman.

“Personel pemadam kebakaran yang menerima laporan langsung meluncur ke lokasi kejadian kebakaran, dalam tempo 45 menit api berhasil dipadamkan,” imbuhnya.

Tiga mobil pemadam kebakaran yaitu unit Karhutla 012, Firedome 08, dan water suplai beserta 21 personel damkar dikerahkan untuk memadamkan api.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut, kerugian yang diderita oleh korban mencapai puluhan juta rupiah,” pungkasnya. (tyo/yit)

 



Pos terkait