Landasan Pacu Bandara Iskandar Pangkalan Bun Diperkuat Tahun Ini

citilink
LEBIH MAJU: Pesawat Citilink menerbangi rute Pangkalan Bun-Jakarta mulai bulan ini.

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun akan melakukan pengembangan demi menarik minat lebih banyak maskapai penerbangan masuk ke Kabupaten Kotawaringin Barat. Di tahun 2024, UPBU Iskandar akan melakukan pengerasan atau pelapisan landasan pacu (overlay).

“Saat ini masih dalam proses review terkait volume landasan. Diperkirakan sekitar Februari atau Maret 2024 overlay landasan pacu tersebut bakal dilakukan,” jelas Kepala UPBU Iskandar Pangkalan Bun Budi Setiawan.

Bacaan Lainnya

Untuk overlay ini memang sudah diusulkan di tahun sebelumnya. Pengembangan harus dilakukan sehingga pesawat -pesawat besar bisa mendarat, termasuk perpanjangan landasan pacu.

Landasan pacu rencananya diperpanjang menjadi 3.572 meter. Dia berharap bisa segera dilaksanakan sehingga benar-benar mampu didarati pesawat berbadan besar.

Sementara untuk panjang runway saat ini 2.120 meter dengan lebar 45 meter. Kemudian, taxiway panjang 87,5 meter dan lebar 23 meter, apron panjang 300 meter dengan lebar 77,5 meter.

Baca Juga :  Masih Bandel, Lawan Arus Sering Terjadi di Depan Kantor Lurah Madurejo

Sementara itu anggota DPR RI Mukhtaruddin dan Ujang Iskandar yang hadir pada acara penerbangan perdana pesawat Citilink Jumat 5 Januari 2024 mengapresiasi kinerja pemerintah yang telah intens melakukan komunikasi sehingga Citilink resmi melayani rute Pangkalan Bun – Jakarta.

“Semoga ada maskapai lainnya yang akan masuk nanti, dan yang paling diharapkan masyarakat semoga harga tiket bersaing dan tidak tinggi lagi,” ungkap Ujang Iskandar. (sam/yit)

 

 

 



Pos terkait