Layanan Instalasi Bedah Sentral Berstandar Internasional Mulai Beroperasi

Jamin Keselamatan Pasien, RSUD dr Murjani Sampit Lengkapi Alat Kesehatan

syukuran rsud dr murjani sampit
SYUKURAN:  Tenaga kesehatan yang bertugas di Instalasi Bedah Sentral mengadakan syukuran atas dibukanya pelayanan operasi elektif di Gedung Bedah Sentral Lantai 4 RSUD dr Murjani Sampit, Senin (5/12). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.comInstalasi Bedah Sentral di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit resmi pindah ke Gedung Bedah Sentral Terpadu. Untuk menjamin keselamatan pasien dari risiko infeksi dan kontaminasi, rumah sakit terus membenahi sarana dan prasarana.

Alat kelengkapan terbarukan berstandar internasional yang dinamakan Modul Operating Theatre (MOT) sudah diterapkan IBS RSUD dr Murjani Sampit. MOT memiliki fungsi penting agar penanganan operasi di rumah sakit berjalan lancar. Penggunaan sistem kontrol panel pada MOT yang mencakup lampu ruangan, pintu hermetic dan sistem tata udara ruangan yang dapat diatur dalam satu kontrol panel sangat diperlukan agar tindakan operasi dapat berjalan efektif dan efesien.

Bacaan Lainnya

Plt Direktur RSUD dr Murjani Sampit dr Sutriso melalui Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD dr Murjani Sampit dr Yulia Nofiany mengatakan ketentuan MOT di Instalasi Bedah Sentral diatur dalam Permenkes RI Nomor 1204/MENKES/SK/X/2004 sehingga harus dipatuhi diseluruh rumah sakit.

Baca Juga :  AWAS JEMURAN!!! Potensi Hujan Masih Tinggi di Kotim

Ketentuan standar dalam MOT itu misalnya dinding dan plafond yang harus terisolasi  panel PUF, EPS atau stainless steel dan harus menggunakan pintu swing atau sliding, lampu UV untuk mengontrol patogen,meja operasi modern dan masih banyak lagi syarat dan ketentuan lainnya.

“Kami mendatangkan pihak ketiga yang memiliki legalitas dan bersertifikat. Mereka dibayar untuk mensetting dan mengerjakan Intalasi Bedah Sentral mensetting alat MOT yang sudah berstandar internasional,” kata Yulia Nofiany, Senin (5/12).

Kelengkapan sarana dan prasarana itu diharapkan dapat memberikan jaminan keselamatan pasien dalam mengurangi risiko infeksi dan kontaminasi.

Intalasi Bedah Sentral berada dilantai 4 yang dilengkapi dengan tiga kamar operasi (operasi kamer) elektif , kamar operasi mata dan kamar operasi ketlep. Namun, dari kelima kamar ini hanya kamar operasi elektif yang mulai membuka pelayanan.

Pos terkait