Muhadjir Batalkan Pencabutan Izin Ponpes Shiddiqiyyah

menko pmk muhadjir effendy dery ridwansah
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat memimpin  Rapat Tingkat Menteri (RTM) besama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmavati di Gedung Kemenko PMK Jakarta, Rabu (12/1/2022). Rapat tersebut membahas tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual pada Anak. Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

RadarSampit.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) sekaligus Menteri Agama Ad Interim, Muhadjir Effendy membatalkan, pencabutan izin pesantren Shiddiqiyyah Jombang, Jawa Timur. Sebelumnya Izin pesantren tersebut dicabut karena salah satu kiainya Moch Subchi At Tsani alias Mas Bechi menjadi DPO kasus dugaan pencabulan.

“Pesantren Majma’al Bahrain Shiddiqiyyah yang berada di Jombang, Jawa Timur dapat beraktivitas kembali seperti sedia kala. Saya sudah meminta pak Aqil Irham, Plh Sekjen Kemenag, untuk membatalkan rencana pencabutan izin operasionalnya,” kata Muhadjir kepada wartawan, Senin (11/7).

Muhadjir mengatakan, pembatalan ini diputuskan untuk memberikan kepastian kepada para santri dan orang tuanya. Sehingga proses belajar mengajar bisa kembali berjalan seperti sediakala.

“Di Ponpes itu ada ribuan santri yang perlu dijamin kelangsungan belajarnya. Saya berharap masyarakat dapat memahami keputusan tersebut,” jelasnya.

Selain itu, kasus ini dianggap tidak melibatkan lembaga. Melainkan hanya oknum tertentu. Sehingga penyelesaian kasusnya hanya kepada pelaku.

Kementerian Agama juga menyerahkan penyelesaian kasus ini kepada Polri. Mengingat Mas Bechi sudah menyerahkan diri. Kemudian para simpatisannya yang ikut menghalang-halangi penangkapan juga telah diamankan.

Baca Juga :  Survei Pilpres 2024, Kini Trennya Pendukung Prabowo vs Ganjar

Sebelumnya, Moch Subchi At Tsani alias Mas Bechi, 42, anak Kiai Jombang Kiai Mukhtar Mukti pimpinan Ponpes Shiddiqiyyah Ploso Jombang, sudah ditangkap. Penangkapan anak kiai Jombang itu dilakukan melalui drama pengepungan Ponpes Shiddiqiyyah selama 15 jam lamanya.

Pos terkait