Musirawas Dukung Pelestarian Seni dan Budaya di Kabupaten Seruyan

musirawas
Foto bersama saat pembukaan Pagelaran Seni dan Festival Manasai di lapangan bola Desa Bangkal, Kamis (9/5/2024)

KUALA PEMBUANG, radarsampit.com – Sanggar Seni Budaya Intan Berlian Desa Bangkal bersama PT. Perkebunan Musirawas Citraharpindo mengadakan Pagelaran Seni dan Festival Manasai di lapangan bola Desa Bangkal, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan, selama tiga hari pada tanggal 9-11 Mei.

Event dalam rangka memperingati hari jadi Sanggar Seni Budaya Intan Berlian ini bertujuan melestarikan seni dan budaya yang menjadi kearifan lokal masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang didukung penuh oleh PT. Perkebunan Musirawas Citraharpindo tersebut dibuka secara resmi oleh Thamrin, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan Kabupaten Seruyan.

Dalam kegiatan ini, Sanggar Intan Berlian menyajikan tari-tarian khas daerah. Selain itu, terdapat delapan cabang lomba pada kegiatan Festival Manasai yang meliputi balogo, menyipet, balap egrang, bagasing, karungut, lawang sekepeng, vokal solo, dan tari pedalaman. Peserta lomba berasal dari beberapa desa yang ada di Kabupaten Seruyan dan kabupaten sekitar.

Baca Juga :  Polres Seruyan Sosialisasikan DIPA dan Penyerahan Kertas Kerja
musirawas 2
Kabid Kebudayaan Disporabud Seruyan bersama General Manager PT Perkebunan Musirawas Citraharpindo Bangun Budi Prasetyo didampingi ketua panitia memukul gong pembukaan Pagelaran Seni dan Festival Manasai.

Ketua Sanggar Budaya Intan Berlian Novia Dewi Hurai menyampaikan bahwa Festival Manasai tersebut merupakan upaya menjaga kearifan lokal yang ada di Kabupaten Seruyan agar tidak punah oleh perkembangan zaman.

“Ini adalah tahun ketiga kami mengadakan kegiatan pelestarian seni dan budaya.  Melalui  Festival Manasai ini, semoga kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Seruyan dapat berkembang dan maju,” harap Novia.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Seruyan Thamrin sambutaan menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi Festival Manasai ini.

“Saya mewakili Kepala Disporabud Kabupaten Seruyan mengapresiasi kegiatan seperti ini. Pemerintah Kabupaten Seruyan mendukung kegiatan pelestarian kearifan lokal,” ujar Thamrin.



Pos terkait