Nekat Berlibur, ASN Pemkot Bakal Disanksi

Natal dan Tahun Baru,ASN Kota Palangka Raya
Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin saat diwawancarai wartawan, dan mengingatkan masyarakat untuk taat prokes, terlebih jelang momentum akhir tahun.(dodi/radarsampit)

PALANGKA RAYA- Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menegaskan, pihaknya terus mendukung dan melaksanakan kebijakan pemerintah pusat, terutama terkait mencegah penyebaran Covid-19 menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Termasuk siap melaksanakan pembatalan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 oleh pemerintah pusat.

“Kami mengikuti aturan dari pemerintah pusat. Yang pasti masyarakat tetap diminta mentaati aturan protokol kesehatan (prokes), menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta mencuci tangan. Biar tidak terjadi lonjakan wabah virus korona di Kota Palangka Raya,”ujar Fairid.

Ia pun menyatakan, pemerintah kota juga sudah mengeluarkan aturan dalam menekan sebaran dan antisipasi lonjakan Covid-19. Seperti salah satunya instruksi tegas untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota, yakni tidak melakukan libur maupun bepergian ke luar kota di akhir tahun ini.

”Ada kita keluarkan untuk tidak libur bepergian.Itu juga sesuai arahan dari pemerintah pusat.Maka itu dilaksanakan dan dijalani. Termasuk meminta ASN untuk tetap mengedukasi masyarakat terkait penerapan prokes dan percepatan vaksinasi.Kita tidak ada libur, selain libur tanggal 25 nanti,” ujar Fairid.

Baca Juga :  Terus Tertibkan Pengguna Knalpot Racing

Menurutnya, jika nantinya ada ASn yang melanggar kebijakan tersebut, maka tindakan tegas dari inspektorat akan dilakukan. Sebab ASN harus bisa menjadi contoh dalam komitmen bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.Termasuk, mencegah masuknya varian baru yang sudah menyebar di negara tetangga Indonesia.

“Kami akan tegas jika ada yang melanggar. Maka itu tetap ditekankan untuk mentaati aturan dan menjalankan prokes.Sama-sama kita antisipasi, apalagi sejauh ini tidak ada laporan terpapar varian baru. Prinsipnya pemerintah akan menegakkan aturan dan mengedukasi masyarakat agar tetap taat prokes,” pungkas Fairid.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota dr Andjar menambahkan, masyarakat diminta taat dalam penggunaan masker, menjaga jarak dan terus ikut serta dalam percepatan vaksinasi guna membentuk kekebalan imunitas. (daq/gus)



Pos terkait