Pabrik Pakan Ternak di Kotim Ditetapkan di Wilayah Ini

handil sohor
CEK LOKASI:  Kepala Dinas Pertanian Kotim Sepnita mengecek lokasi yang akan dibangun pabrik pakan ternak di Desa Handil Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Jumat (13/1). (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melalui Dinas Pertanian Kotim  akan membangun pabrik pakan ternak di Desa Handil Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, tahun ini. Pembangunan pabrik ini sebagai salah satu upaya Kotim menjadi daerah penyangga food estate.

“Jumat 13 Januari 2023 lalu, saya bersama Camat Mentaya Hilir Selatan dan Kepala Bidang Tanaman Pangan Provinsi Kalteng  meninjau lokasi dan menetapkan lokasi pakan ternak yang akan dibangun di Desa Handil Sohor,” kata Kepala Dinas Pertanian Kotim Sepnita, Selasa (17/1).

Bacaan Lainnya

Pemkab Kotim akan menyediakan lahan seluas satu hektare untuk bangunan pabrik pakan ternak ikan, unggas, dan ruminansia yang meliputi hewan berkaki empat seperti sapi dan kambing.

“Rencana akan dibangun tahun ini menggunakan APBD Provinsi. Untuk nilai anggaran, kapasitas produksi pakan per hari dan sistem pengelolaannya masih belum dibahas lebih lanjut,” katanya.

Baca Juga :  Pemanfaatan Lahan untuk Bangkitkan Ekonomi

Pemkab Kotim juga akan membangun pabrik penggilingan padi modern menggunakan teknologi rice milling plant.  Penggilingan ini untuk mendukung program strategis nasional dalam pengembangan pangan skala luas yang mengintegrasikan pertanian, perkebunan, dan peternakan di suatu kawasan.

Lokasi pabrik penggilingan padi modern telah ditetapkan di Desa Lempuyang, Kecamatan Teluk Sampit, Kotim. Desa Lempuyang disebut-sebut sebagai lumbung pangan dengan penghasil beras terbanyak di Kotim.

Untuk diketahui, Program food estate sudah lebih dulu dijalankan tahun 2020-2024 di bawah kendali pengawasan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang lokasinya di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas seluas kurang lebih 165.000 hektare.  Program food estate sampai sekarang terus berjalan meskipun ada beberapa kendala.

Pemerintah Kabupaten Kotim juga siap menjadi daerah penyangga pangan. Upaya itu dilakukan dengan meningkatkan kualitas produksi petani, khususnya pada komoditas padi.   Pembangunan rice milling plant nantinya dapat membantu proses pengolahan gabah menjadi beras dengan mudah  sehingga dapat cepat menghasilkan beras berkualitas.

Pos terkait