Pedayung Kobar Siapkan Diri Ikut Seleksi Pra-PON

dayung
LATIHAN: Tim Dayung Panji Muda Kelurahan Raja Seberang sedang berlatih untuk menghadapi kejuaraan dayung dalam rangka HUT Kobar Oktober 2023 mendatang. (SULISTYO/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Setelah berhasil merebut dua medali perak cabang olahraga dayung di ajang Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah tahun ini, tim dayung Kobar optimis bakal lolos dalam seleksi Pra-PON.

Pedayung Kobar yang tergabung dalam Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) terus menjaga fisik dengan terus berlatih, meski baru selesai berlaga di Sampit.

Bacaan Lainnya

Optimisnya para atlet dayung Kobar lolos Pra Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra-PON) itu didasarkan pada prestasi yang mereka raih serta kekuatan tim yang merata di kelas 1000 meter, 500 meter, maupun 250 meter.

Dua  medali perak yang berhasil direbut pedayung dari kelas 500 meter dan 250 meter.

Salah seorang pedayung Kobar Tole menegaskan,  saat ini fokus menjaga performa usai berlaga di Porprov Kalteng dengan melakukan latihan ringan secara mandiri.

“Latihan fisik, lari, dan ada alat latih manual yang saya bikin di rumah untuk menjaga fisik,” ujarnya.

Baca Juga :  KPU Kobar Gelar Nonton Bareng Laga Semifinal Piala Asia U23 Indonesia vs Uzbekistan

Ketua PODSI Kabupaten Kobar Indra Sani menyebut,  ada enam kuota yang diminta untuk mengikuti prakualifikasi PON. Kriteria yang ditetapkan yakni tinggi badan 170 sampai 175 centimeter, bentuk tubuhnya porposional. Namun, tidak menutup kemungkinan yang bertinggi badan 160 sampai 165 centimeter dapat diikutsertakan.

“Kita optimis karena kemampuan kita merata dengan tim dari kabupaten lain, saat ini anak-anak untuk menjaga fisik melakukan latihan mandiri,” bebernya.

Dalam rangka menatap Porprov 2027 di Kabupaten Kotawaringin Barat, PODSI Kobar saat ini sedang mempersiapkan pembinaan dengan menggelar kejuaraan dayung dalam rangka HUT Kobar yang akan dilaksanakan bulan Oktober mendatang.

Rencananya regulasi yang akan digunakan akan menerapkan sistem seperti di ajang Porprov kemarin, dan akan dilombakan kelas 1000 meter, 500 meter dan 250 meter.

Selain itu, dalam kejuaraan dayung HUT Kobar nanti akan dilombakan kelompok umur 20 ke atas dan 20 ke bawah serta kelas remaja.

“Ini kita tujukan untuk pembinaan kita karena 2027 mendatang Kabupaten Kobar akan menjadi tuan rumah Poprov, kita mohon dukungannya dari seluruh masyarakat Kobar dan KONI,” pungkasnya. (tyo/yit)



Pos terkait