Pemkab Bartim Tebar 60 Ribu Benih Ikan

Tingkatkan Populasi dan Keragaman Ikan di Sungai dan Embung

TEBAR BENIH IKAN: Sebanyak 60 ribu benih Ikan Betok dan Kalabau di lepas liarkan sebagai salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan di wilayah krisis ikan akibat padat tangkapan. (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

TAMIANG LAYANG – Puluhan ribu benih Ikan Betok dan Kalabau dilepas Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur di sejumlah sungai dan embung di wilayah tersebut. Hal ini dilakukan untuk menambah populasi dan keragaman jenis ikan di wilayah perairan yang mengalami krisis tangkapan ikan.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Barito Timur, Mishael mengatakan bahwa pelepasan benih ikan ini merupakan program restocking pemerintah daerah untuk membantu masyarakat. Benih ikan yang dilepas adalah Ikan Betok dan Kalabau.

“Total keseluruhan ada 60 ribu benih ikan yang terdiri dari 45 ribu ekor benih Ikan Betok dan 15 ribu ekor benih Ikan Kelabau yang kita sebar,” ujar Mishael, di Tamiang Layang kemarin.

Mishael melanjutkan bahwa restocking ini terlaksana atas kerja sama Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur dengan BPBAT Mandiangin. Benih ikan tersebut  disebar di dua tempat diantaranya di Sungai Desa Serapat dan Embung Sirau di Kecamatan Dusun Timur.

“Program ini salah satu upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum karena wilayah itu dinilai telah mengalami krisis ikan akibat padatnya tangkapan atau tingkat pemanfaatanya berlebihan,” jelasnya. (apr/sla)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *