Pemudik Diminta Atur Jadwal Berkendara saat Arus Balik

ARUS-BALIK
ARUS BALIK: Personel Kepolisian melakukan pengaturan lalu lintas arus balik Lebaran tahun ini. (IST/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA – Arus mudik Idulfitri 1443 Hijriah berjalan kondusif, aman dan lancar. Selanjutnya, aparat kembali melakukan pengamanan dan pemantauan arus balik yang diprediksi mulai terjadi pada 6-8 Mei 2022.

Pemudik yang akan kembali ke kota asal diimbau untuk terus berhati-hati saat berkendara.

Bacaan Lainnya

Mengantisipasi terjadinya kecelakaan saat arus balik Lebaran. Aparat menekankan dan meminta kepada pemudik untuk bisa mengatur jadwal keberangkatan saat akan berkendara.

Perhitungkan waktu yang tepat akan membuat kondisi berkendara lebih aman dan nyaman.

Berkaca dari pengalaman, kecelakaan biasa terjadi karena faktor kelalaian dari pengendara yang biasa disebabkan terburu-buru saat berkendara untuk mengejar waktu kepulangan. Hal ini dapat berakibat buruk saat di jalan.

Ditekankan agar para pengendara baik roda dua maupun roda empat saat berkendara harus dalam kondisi fit untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan selama di perjalanan.

Baca Juga :  Sanksi Pemudik Nekat, Isolasi sampai Denda Rp100 Juta

Selain kondisi tubuh harus fit, kendaraan juga wajib dalam performa yang baik. Jika kondisi tidak memungkinkan jangan dipaksakan untuk berkendara.

“Masih dalam rangka Operasi Ketupat Telabang 2022, kami menyampaikan bahwa puncak arus mudik diprediksi 6-8 Mei. Atur keberangkatan pulang secara baik, sehingga tidak terburu-buru di jalan dan mengakibatkan rawan kecelakaan,” ujarnya Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto melalui Kabid Humas Kombes Pol Kismanto Eko Saputro, Kamis (6/5).

Eko menerangkan, masyarakat yang melakukan arus balik mudik bisa memanfaatkan posko-posko pelayanan kepolisian yang sudah berdiri di beberapa titik.

Beristirahat jika lelah dalam berkendara juga menjadi salah satu faktor penting penunjang keselamatan.

“Jangan memaksakan diri, apabila lelah segera beristirahat. Sebelum berangkat pastikan keadaan kendaraan dalam kondisi laik jalan. Ingat terus berhati-hati karena keselamatan nomor satu,” imbaunya.

Pos terkait