Pentingnya Kritik Insan Pers Bagi Pemerintah

bukber
SAMBUTAN: Kepala Diskominfosantik Kalteng, Agus Siswadi menyampaikan sambutan pada kegiatan media gathering dan buka puasa bersama mitra media, Kamis (28/3/2024) petang. (DISKOMINFOSANTIK FOR RADAR PALANGKA)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kalimantan Tengah (Kalteng), Agus Siswadi menekankan pentingnya keberadaan media massa dan insan pers dalam pemerintahan.

Menurutnya, pers ibarat penyambung lidah pemerintah kepada masyarakat luas. Baik itu kebijakan dan berbagai berbagai program yang akan dan sedang dikerjakan pemerintah bisa disampaikan melalui pemberitaan di media massa.

Bacaan Lainnya

“Kalteng ini luas, satu setengah kali pulau Jawa, sehingga sulit bagi kita untuk mencakup satu-satu sampai pelosok. Karena itu teman-teman insan pers sangat penting di sini, bagaimana membantu pemerintah menyampaikan kebijakan dan programnya,” katanya saat media gathering dan buka puasa bersama dengan mitra media Diskominfosantik Kalteng, Kamis (28/3/2024) petang.

Khususnya mitra media yang selama ini sudah menjalin kerja sama dengan pemerintah provinsi melalui Dinskominfosantik, dirinya mengakui para awak media telah menjalankan tugasnya dengan baik memberitakan berbagai kegiatan pemerintahan.

Baca Juga :  Sengketa Tanah Wakaf Muhammadiyah, Legislator Siap Kawal sampai Tuntas

“Semoga kerja sama ini selalu berjalan dengan baik dan informasi yang disajikan bisa menambah pengetahuan dan mencerdaskan masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut Agus menyampaikan, kendati ada ikatan kerja sama bukan berarti mitra media tidak boleh mengkritik pemerintah. Ditegaskan pihaknya tidak menutup ruang insan pers mengkritik pemerintah asalkan pemeritaan tetap berimbang.

“Ibarat kata jalan rusak 10 meter diberitakan kencang, tapi jalan diaspal 10 kilometer tidak diberitakan, nah ini yang salah. Jadi boleh saja mengkritik, asalkan segala informasi itu berimbang, saya yakin teman media paham ini,” ucapnya.

Ia mengharapkan melalui media gathering dan buka puasa ini menjadi wadah penting dalam menjaga komunikasi yang efektif antara pemerintah daerah dan mitra media, sekaligus saling memberi masukan dalam menjalankan kerja sama.

“Intinya antara pemerintah dan mitra media saling membutuhkan dan saling melengkapi, semoga dengan adanya silaturahmi ini bisa lebih memperkuat sinergi dalam kegiatan,” pungkasnya. (sho/fm)



Pos terkait